Format Baru Liga Champions Disetujui UEFA, Berlaku Mulai Musim 2024-2025

Batam - Pikiran Rakyat   Kamis, 12 Mei 2022

img

Format baru liga champions disetujui uefa, berlaku mulai musim 2024-2025 sudutbatam.com - uefa resmi menyetujui usulan format baru liga champions setelah mengadakan pertemuan dengan para pemangku kepentingan di vienna, austria. Format baru ini akan mulai berlaku pada gelaran liga champions musim 2024-2025 dengan nama sistem swiss. Presiden uefa turut berkomentar mengenai penetapan format baru liga champions tersebut. Menurutnya dengan sistem kompetisi yang baru ini dapat mendorong kemajuan sepakbola eropa dan peningkatan prestasi olahraga di tingkat internasional.

“kami yakin bahwa format yang dipilih akan mencapai keseimbangan yang tepat dan akan meningkatkan keseimbangan kompetitif dan menghasilkan pendapatan yang solid yang dapat didistribusikan ke klub, liga, dan sepak bola akar rumput di seluruh benua kami sambil meningkatkan daya tarik dan popularitas kompetisi klub kami,” ujar ceferin. Dalam format terbaru liga champions ini, tim yang berpartisipasi akan meningkat dari 32 menjadi 36 klub dan akan dialokasikan sebagai berikut: 1. Satu tempat akan diberikan kepada klub peringkat ketiga dan ranking liga dari klub tersebut berada di posisi kelima dalam peringkat uefa. 2.

Satu tempat akan diberikan kepada juara liga domestik dengan menambah dari empat menjadi lima klub yang lolos melalui jalur juara. 3. Dua tempat terakhir akan diberikan kepada asosiasi yang memiliki pencapaian terbaik oleh klub mereka di musim sebelumnya (jumlah total poin yang diperoleh dibagi dengan jumlah klub yang berpartisipasi). Contohnya adalah klub dari liga inggris dan belanda di musim ini memperoleh pencapaian terbaik di kompetisi eropa, maka dua klub dari liga tersebut yang lolos ke liga champions.

4. Semua pertandingan sebelum final akan tetap dimainkan pada pertengahan pekan, mengingat pentingnya kalender pertandingan domestik di seluruh eropa. Selain itu, format liga champions eropa terbaru untuk musim 2024-2025, di antaranya: 1. Jumlah tim yang berpartisipasi bertambah dari 32 menjadi 36 tim.

2. Perubahan terbesar adalah mengganti format fase grup menjadi fase liga 3. Setiap klub akan menghadapi 8 pertandingan dengan 8 lawan yang berbeda (empat laga kandang dan empat laga tandang). Format sebelumnya hanya enam kali bertanding dengan tiga tim berbeda yang dihadapi (tiga laga kandang dan tiga laga tandang).

4. Delapan tim teratas di format liga tersebut akan lolos secara otomatis ke babak sistem gugur, sementara tim yang finis di urutan ke-9 hingga ke-24 akan bersaing dalam babak play-off dua leg untuk mengamankan posisi mereka ke babak 16 besar. 5. Perubahan format serupa juga akan diterapkan pada uefa europa league (8 pertandingan di fase liga) dan uefa europa conference league (6 pertandingan di fase liga) dan keduanya juga akan menyertakan 36 tim di fase liga.***.


Baca Juga

0  Komentar