Inggris: Vladimir Putin Salah Perhitungan, Perilaku Dia dan Pasukannya Buat Ukraina Bisa Akhiri Invasi

Pikiran Rakyat   Kamis, 12 Mei 2022

img

Inggris: vladimir putin salah perhitungan, perilaku dia dan pasukannya buat ukraina bisa akhiri invasi pikiran rakyat - vladimir putin dinilai telah "salah perhitungan secara mengerikan" dalam menentukan strategi invasi rusia ke ukraina. Akibat kesalahannya itu, para pemimpin ukraina pun disebut akan mengakhiri konflik dengan "persyaratan mereka". Hal itu disampaikan oleh kementerian inggris pada kamis, 12 mei 2022, ketika pasukan rusia dipaksa mundur dari kharkiv. Menteri angkatan bersenjata inggris, james heappey menekankan bahwa presiden ukraina volodymyr zelensky akan dapat memulihkan "integritas teritorial" negaranya.

Dia menyoroti bagaimana invasi vladimir putin sejauh ini sebagian besar merupakan kegagalan yang spektakuler. Presiden rusia terpaksa meninggalkan rencana invasi awalnya, yang termasuk merebut kyiv dalam beberapa hari. Vladimir putin kemudian memerintahkan pasukannya untuk menarik diri dari petak-petak ukraina utara. Dia telah memfokuskan kembali kampanye militernya di wilayah donbas karena ada daerah donetsk dan luhansk yang dikuasai oleh separatis yang didukung moskow.

Akan tetapi, pasukannya sekarang telah dipaksa untuk mundur dari sekitar kharkiv, kota terbesar kedua ukraina di timur negara itu, setelah mendapat serangan balik. " vladimir putin telah salah perhitungan secara mengerikan. Perilaku dia dan angkatan bersenjatanya hanya memperkuat tekad kita," kata james heappey dalam kunjungan ke uganda. "kami bertekad bahwa vladimir putin akan gagal dalam misinya, dan ukraina akan mengakhiri ini dengan persyaratan mereka, dengan pemulihan integritas teritorial mereka," tuturnya menambahkan.

Selain itu, james heappey mengatakan bahwa inggris menyediakan sistem senjata dengan jangkauan yang meningkat untuk ukraina. "kami mempersenjatai ukraina untuk memulihkan integritas teritorial mereka, kami mempersenjatai ukraina untuk memulihkan kebebasan mereka, untuk menemukan kembali dan memiliki kembali demokrasi mereka," ujarnya. Sementara dalam pembaruan intelijen terbarunya, kementerian pertahanan di london menceritakan bagaimana pasukan vladimir putin mundur dari daerah kharkiv. "pasukan ukraina terus melakukan serangan balik di utara kharkiv, merebut kembali beberapa kota dan desa menuju perbatasan rusia," ucapnya.

"prioritas operasi rusia di donbas telah membuat elemen-elemen yang dikerahkan di oblast kharkiv (provinsi) rentan terhadap kekuatan serangan balik ukraina yang bergerak, dan bermotivasi tinggi," tuturnya. "terlepas dari keberhasilan rusia dalam mengepung kharkiv pada tahap awal konflik, mereka dilaporkan telah menarik unit dari wilayah tersebut untuk mengatur kembali dan mengisi kembali pasukannya menyusul kerugian besar," kata kementerian pertahanan inggris. Mereka juga memprediksi bahwa vladimir putin akan mengerahkan pasukannya ke tepi timur sungai siverskyi donets setelah memulihkan kekuatan. "setelah dibentuk kembali, pasukan ini kemungkinan akan dikerahkan ke tepi timur sungai siverskyi donets, membentuk kekuatan pemblokiran untuk melindungi sisi barat konsentrasi kekuatan utama rusia dan rute pasokan utama untuk operasi di sekitar izium," ucap kementerian pertahanan inggris.


Baca Juga

0  Komentar