Investasi Dana Haji, Aman? Eko : Lebih Baik Mencegah Bahaya daripada Kejar Manfaat

Pikiran Rakyat   Kamis, 8 Juli 2021

img

Investasi dana haji, aman? eko : lebih baik mencegah bahaya daripada kejar manfaat pikiran rakyat - chairman infobank institute eko b. Supriyanto berpendapat, mencegah bahaya itu lebih baik daripada mengejar manfaat. Itulah pilihan investasi yang dilakukan oleh badan pengelola keuangan haji ( bpkh ) dengan instrumen aman dan memberi hasil yang optimal. “tidak mengejar imbal hasil yang penuh risiko, tapi memberi imbal hasil yang memberi keamanan.

Semua ini untuk peningkatan pelayanan calon jemaah haji indonesia,” kata eko di jakarta kamis 8 julin2021. Oleh karena itu, menurut dia, para calon haji tidak perlu khawatir dengan dana haji yang kini dikelola bpkh. Hal ini bisa dipastikan karena seluruh pengelolaannya berjalan dengan aman dan sesuai amanah. Aman karena investasinya ditanam di instrumen surat berharga negara (sbn) yang dijamin oleh anggaran pendapatan dan belanja negara (apbn).

"tidak di instrumen yang penuh risiko seperti di pasar saham, ataupun investasi yang tidak jelas seperti saham-saham gorengan," ujarnya. Eko mengatakan, menurut pengalaman, jika suku bunga rendah dan tidak bergejolak, seperti tiga tahun terakhir ini, maka pilihan investasi di sbn akan lebih menguntungkan. Bahkan, dalam kurun waktu 2014-2020 rata-rata total return mencapai 10,5 persen. Jika dibandingkan dengan rata-rata return indeks harga saham gabungan (ihsg) yang hanya 6,8 persen, maka penempatan dana publik termasuk dana haji ini tepat.


Baca Juga

0  Komentar