Kok Covid RI Meledak? Ini Rentetan Masalah yang Tak Disangka

Cnbcindonesia-news   Kamis, 8 Juli 2021

img

Kok covid ri meledak? ini rentetan masalah yang tak disangka jakarta, cnbc indonesia - pemerintah menyatakan penyebab meldaknya kasus covid-19 di indonesia merupakan kombinasi antara libur panjang nasional dan juga virus varian delta yang sangat meudah menular dan membuat orang sakit bergejala. Hal tersebut diungkapkan oleh sekretaris eksekutif i komite penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (kpc pen) raden pardede dalam sebuah webinar yang diselenggarakan indef, rabu (7/7/2021). "kali ini ada gabungan beberapa hal. Libur lebaran, libur kenaikan isa almasih, hari pancasila dan mengakibatkan masyarakat mengambil libur panjang," jelas raden.

Raden menambahkan penularan yang masif juga terjadi karena indonesia kedatangan pekerja migran yang signifikan, baik dari india, saudi arabia, atau timur tengah. "juga waktu itu ada wisatawan yang datang dari india," tuturnya. Dia mengatakan, virus corona varian delta ini penyebarannya lebih cepat dari varian lain. Raden merinci, jika masyarakat tidak disiplin protokol kesehatan, untuk virus varian wuhan misalnya.

Dalam waktu tempo 30 hari bisa menularkan kepada 729 orang. Kemudian virus corona varian alpha jika tidak menerapkan protokol kesehatan, bisa menularkan kepada 15.625 orang. Sementara untuk varian delta yang saat ini mendominasi indonesia, bisa menularkan kepada 117.649 orang. "konon katanya berdasarkan genome sequences, varian delta yang sekarang sangat dominan," jelas raden.

"ini yang membedakan, pembeda utama peristiwa dengan libur nataru (natal dan tahun baru), dan kenaikan lebaran pada bulan 5-6 (mei-juni) di tahun 2020. Ini mutasi virus baru yang tidak diperhitungkan sebelumnya," kata raden. Data kementerian kesehatan mencatat pada kamis (8/7/2021) penambahan pasien baru covid-19 hingga pukul 12:00 wib sebanyak 38.391 orang. Penambahan ini kembali menembus rekor kasus baru covid-19 setelah kemarin.

Dengan begitu total kasus covid-19 di indonesia sebanyak 2.417.788 orang. Kabar baiknya, ada 21.185 pasien yang sembuh hari ini sehingga totalnya menjadi 1.994.573 orang. Sayangnya, jumlah orang yang meninggal akibat virus ini pun semakin bertambah terutama di tengah kekhawatiran penuhnya sejumlah rumah sakit. Kemenkes mencatat ada 852 kasus kematian baru, sehingga totalnya 63.760 orang.

Kemarin ri juga mencatatkan rekor kematian tertinggi lebih dari 1.000 orang. Dengan data tersebut maka kasus aktif covid-19 per hari ini terus meningkat. Kasus aktif merupakan pasien covid-19 yang saat ini masih menjalani perawatan maupun isolasi mandiri. Hari ini tercatat kasus aktif sebanyak 359.455 orang.


Baca Juga

0  Komentar