Korea Utara Laporkan Kematian Covid-19 Pertama, Sekitar 187.800 Dirawat

Kontan   Jumat, 13 Mei 2022

img

Korea utara laporkan kematian covid-19 pertama, sekitar 187.800 dirawat sumber: reuters | editor: anna suci perwitasari kontan.co.id - seoul. Setidaknya satu orang yang dipastikan mengidap covid-19 telah meninggal di korea utara dan ratusan ribu orang menunjukkan gejala demam. Hal tersebut diungkapkan kantor berita resmi korea utara, kcna. Data tersebut merupakan pengakuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari wabah eksplosif di korea utara yang sebelumnya melaporkan tidak ada kasus yang dikonfirmasi sejak pandemi dimulai.

Ini juga menandai krisis kesehatan masyarakat, ekonomi, dan politik yang parah untuk rezim yang terisolasi tersebut. Para ahli mengatakan, mengingat kemampuan pengujian korea utara yang terbatas, jumlah yang dirilis sejauh ini mungkin mewakili sebagian kecil dari infeksi covid-19, dan dapat menyebabkan ribuan kematian di salah satu dari hanya dua negara di dunia yang tidak melakukan kampanye vaksinasi covid-19. Jumat (13/5), kcna melaporkan, sekitar 187.800 orang dirawat di ruang isolasi setelah demam yang tidak diketahui asalnya telah "menyebar secara eksplosif ke seluruh negeri" sejak akhir april. Sekitar 350.000 orang telah menunjukkan tanda-tanda demam itu, termasuk 18.000 yang baru melaporkan gejala tersebut pada kamis (12/5), kata kcna.

Sekitar 162.200 telah dirawat, tetapi tidak merinci berapa banyak yang dinyatakan positif covid-19. Setidaknya enam orang yang menunjukkan gejala demam telah meninggal, dengan salah satu dari kasus tersebut dikonfirmasi telah tertular varian virus omicron, jelas kcna. Kee park dari harvard medical school, yang telah bekerja pada proyek perawatan kesehatan di korea utara, mengatakan negara itu telah menguji sekitar 1.400 orang setiap minggu, yang hampir tidak cukup untuk mensurvei 350.000 orang dengan gejala serupa. "yang lebih mengkhawatirkan adalah banyaknya orang yang bergejala," tambahnya.

"menggunakan tingkat kematian kasus konservatif 1% dan dengan asumsi lonjakan itu disebabkan oleh varian omikron dari covid-19, korea utara dapat memperkirakan 3.500 kematian akibat wabah ini." darurat terbesar pemimpin korea utara kim jong un mengunjungi pusat komando anti-virus pada hari kamis untuk memeriksa situasi dan tanggapan setelah menyatakan "keadaan darurat paling parah" dan memerintahkan penguncian nasional, kata kcna. Korea utara mengatakan wabah itu dimulai di ibu kota pyongyang pada april. Media pemerintah tidak merinci penyebab wabah itu, tetapi kota itu menyelenggarakan beberapa acara publik besar-besaran pada 15 dan 25 april, termasuk parade militer dan pertemuan besar di mana kebanyakan orang tidak mengenakan masker. Kim, yang menghadiri beberapa acara itu, "mengkritik bahwa penyebaran demam secara simultan dengan wilayah ibu kota sebagai pusatnya menunjukkan bahwa ada titik rentan dalam sistem pencegahan epidemi yang telah kita buat," kata kcna.

Kim menambahkan, secara aktif mengisolasi dan merawat orang dengan demam adalah prioritas utama, sambil menyerukan metode dan taktik perawatan ilmiah "dengan tempo kilat" dan memperkuat langkah-langkah untuk memasok obat-obatan. Dalam pengiriman lain, kcna mengatakan otoritas kesehatan berusaha mengatur sistem pengujian dan perawatan dan meningkatkan pekerjaan desinfeksi. Penyebaran virus yang cepat menyoroti potensi krisis besar di negara yang kekurangan sumber daya medis, telah menolak bantuan internasional dengan vaksinasi dan telah menutup perbatasannya. Analis mengatakan wabah itu dapat mengancam untuk memperdalam situasi pangan yang sudah sulit di negara yang terisolasi itu tahun ini, karena penguncian akan menghambat "perjuangan habis-habisan" melawan kekeringan dan mobilisasi tenaga kerja.


Baca Juga

0  Komentar