Najwa Shihab Dukung Penuh Perempuan Terjun ke Dunia Politik

Tempo - Batang   Senin, 19 April 2021

img

Najwa shihab dukung penuh perempuan terjun ke dunia politik tempo.co, jakarta - wartawan dan pendiri narasi tv, najwa shihab memberikan pandangannya soal perempuan yang sering tidak percaya diri dan menganggap rendah kemampuannya sendiri. Menjelang hari kartini, najwa mengunggah cuplikan video saat dirinya menjadi pembicara di acara ulang tahun binus tv yang ke-10 pada desember 2019. Kala itu di hadapan para mahasiswa, najwa memaparkan penelitian harvard university yang menunjukkan kalau penilaian terhadap perempuan sukses berbeda dengan laki-laki sukses. Perempuan cenderung dianggap negatif ketika sukses sedangkan laki-laki lebih mendapatkan apresiasi saat sukses.

"orang yang sama cuma dibedakan jenis kelamin. Tapi persepsi orang 'perempuan sukses enggak disukai, laki-laki sukses dipuja-puja'. Karenanya terkadang kita perempuan malu menunjukkan kita sukses dan itu terbawa sampai sekarang," katanya dalam video berdurasi 3 menit 40 detik yang diunggah di instagram pada senin, 19 april 2021. Ada juga studi yang menunjukkan kalau sebagian besar mahasiswi jika diminta untuk menebak ipk-nya maka akan menyebutkan angka yang lebih rendah dari yang mereka dapatkan.

Hal ini berbanding terbalik dengan mahasiswa, yang akan menebak ipk lebih tinggi dari yang didapatnya. "pd dede mahasiswa, mahasiswi malu-malu," katanya. Ini juga berlaku di dunia kerja. Berdasarkan hasil penelitian, najwa mengatakan sebanyak 53 persen fresh graduate mahasiswa berani untuk nego gaji pertama mereka.

Sedangkan hanya 7 persen fresh graduate mahasiswi yang berani melakukan hal tersebut, mereka sudah bersyukur mendapatkan pekerjaan. "kerap kali kita tanpa sadar menganggap rendah kemampuan diri sendiri teman-teman sayang yang cewe-cewe," katanya. Putri ulama besar, quraish shihab ini merasakan betul bagaimana pandangan orang-orang mengenai perempuan sukses dianggap sebagai ibu yang tidak baik karena meninggalkan anaknya di rumah untuk berkarier. Hal ini juga berlaku di dunia politik yang dianggap sebagai dunia yang keras dan lebih identik dengan laki-laki.

Padahal menurutnya perempuan punya kemampuan lebih khususnya dalam berempati, mendengarkan dengan hati, dan mudah beradaptasi. "harus lebih banyak lagi perempuan yang masuk politik dan harus lebih banyak lagi perempuan yang memilih sesama perempuan. Saya kemarin waktu pemilu banyak banget yang nanya pilih siapa. Perempuan, dpr pilih perempuan, dprd pilih perempuan, dpd pilih perempuan," katanya.

Menurut najwa shihab, sebagai sesama perempuan juga harus saling mendukung dan memberikan semangat agar perspektif perempuan bisa diutamakan. "harus lebih banyak lagi perempuan yang juga menganggap kesuksesan orang lain bukan berarti kegagalan kita. Harus lebih banyak lagi perempuan yang ikut bertepuk tangan bila teman perempuannya berhasil bukannya nyalah-nyalahin kalau kalah. Kita harus memperbaiki mahkota satu sama lain, girls," katanya.


Baca Juga

0  Komentar