10 Artis dan Pesepakbola Internasional Bela Palestina

Islampos - Dunia   Sabtu, 22 Mei 2021

img

10 artis dan pesepakbola internasional bela palestina konflik israel- palestina yang kembali memanas pada akhir ramadhan lalu hingga syawal ini menyita perhatian dunia. Penderitaan rakyat palestina di bawah cengkeraman israel kian hari kian bertambah. Setidaknya 231 warga palestina telah tewas, termasuk 65 anak-anak dan 38 wanita, dalam serangan israel di jalur gaza sejak 10 mei/ demikian laporan kementerian kesehatan yang berbasis di gaza. Sebuah pernyataan di kementerian tersebut juga mengatakan 1.620 orang juga terluka akibat serangan itu.

Ketegangan baru-baru ini dimulai di yerusalem timur selama bulan suci ramadhan dan menyebar ke gaza sebagai akibat dari serangan israel terhadap jamaah di kompleks masjid al-aqsa dan lingkungan sheikh jarrah. Dunia internasional pun mengecam kekerasan dan ketidakadilan yang dilakukan israel terhadap palestina. Sejumlah pesohor, mulai dari artis hollywood hingga bintang sepak bola dunia pun menyuarakan dukungan mereka terhadap palestina. Berikut sederet artis dan bintang sepakbola internasional yang turut bela palestina : over 30 children killed.

Mothers dead. Hundreds injured. We are on the brink of a full-scale war. Sanctions on south africa helped free its black people – it’s time for sanctions on israel to free palestinians.

Join the call. #gazaunderattack https://t.co/n72e0xlvx5 — mark ruffalo (@markruffalo) may 15, 2021 mark ruffalo dari hollywood, yang berperan sebagai the hulk dalam serial avengers, telah menyerukan gencatan senjata segera di palestina. Dia mengutuk agresi israel yang sedang berlangsung terhadap warga sipil di gaza dan tepi barat. Dalam sebuah tweet, ruffalo mendesak presiden as joe biden untuk menyerukan gencatan senjata, ketika biden malah memberikan dukungannya kepada perdana menteri israel benjamin netanyahu.

“tolong @joebiden bergabung dengan komunitas dunia dan para pemimpin bipartisan di sini untuk menyerukan #ceasefirenow dalam konflik yang sedang berlangsung, mematikan dan tidak berarti yang terjadi di israel dan palestina. Dunia membutuhkan kepemimpinan anda, ” tulis ruffalo dalam satu tweet. Ini bukan pertama kalinya ruffalo mendukung palestina melawan agresi israel. Selama kampanye pemilu as tahun lalu, dia berbicara dengan mehdi hassan tentang dukungannya untuk perjuangan palestina.

I stand with the palestinian people. My heart aches for the families who have lost loved ones. We can not stand as silent witnesses to children being orphaned and murdered and not demand for the human rights of all palestinians! this must end. Free palestine.

— zayn (@zaynmalik) may 13, 2021 zayn malik, seorang penyanyi dan penulis lagu inggris, menggunggah sebuat cuitan di twitter. “saya mendukung rakyat palestina. Hati saya sakit untuk keluarga yang kehilangan orang yang dicintai. Kami tidak bisa berdiri sebagai saksi bisu bagi anak-anak yang menjadi yatim piatu dan dibunuh dan tidak menuntut hak asasi manusia semua orang palestina! ini harus diakhiri.

Bebaskan palestina.” a post shared by bella ? (@bellahadid) model keturunan palestina-amerika bella hadid pun menyuarakan dukungannya terhadap tanah yang jadi akar budaya dia dan keluarganya. Tak tanggung-tanggung, bella bahkan ikut turun ke jalan mengikuti demonstrasi di antara ribuan orang yang berkumpul di new york city pada sabtu (15/5/20201) lalu dalam solidaritas untuk palestina. Para pengunjuk rasa berunjuk rasa di lingkungan bay bridge di brooklyn, salah satu dari lima wilayah di new york city. “apa yang hatiku rasakan… berada di sekitar banyak orang palestina yang cantik, cerdas, hormat, penuh kasih, baik hati, dan murah hati ini di satu tempat … rasanya utuh! kami adalah jenis yang langka !!” kata hadid di instagram.

“ini adalah palestina merdeka sampai palestina merdeka !!!” tulisnya di bawah postingan yang menyertakan foto dan video dirinya di antara para pengunjuk rasa. Pic.twitter.com/f2axjm1gaj — susan sarandon (@susansarandon) may 12, 2021 susan sarandon, seorang aktris amerika, juga mendukung palestina dalam beberapa tweet. Letter to hamza choudhury and wesley fofana, leicester football club, who used the occasion of the fa cup triumph to show solidarity with the palestinian people ????✌?✊ @wesley_fofanaa @hamzachoudhury1 @lcfc #savepalestine #jerusalem #gazaunderattack pic.twitter.com/1gsm7tjnh8 — husam zomlot (@hzomlot) may 15, 2021 bintang leicester city hamza choudhury dan wesley fofana memegang bendera palestina saat tim mereka merayakan kemenangan di final piala fa pada 10 mei 2021 lalu. Duta besar palestina untuk inggris husam zomlot memuji mereka dalam sebuah surat atas nama rakyat palestina, di mana ia menyampaikan “terima kasih kami yang paling dalam” karena menunjukkan “solidaritas dengan penderitaan rakyat palestina.” “suatu hari, kami berharap leicester football club akan bermain di yerusalem, ibu kota negara merdeka palestina,” tulisnya di twitter.

A post shared by amad ?? (@amaddiallo19) pada senin (17/5/2021), pemain manchester united paul pogba dan amad diallo juga ikut masuk daftar dengan mengibarkan bendera di akhir laga bersama fulham. Dalam sebuah posting instagram, pogba meminta para pengikutnya untuk “berdoa untuk palestina” bersama dengan seruan untuk perdamaian. A post shared by mohamed elneny (@elnennym) mohamed elneny dari mesir, yang bermain untuk tim arsenal yang berbasis di london, men-tweet foto masjid al-aqsa bersama dengan pesan “hatiku dan jiwaku dan dukunganku untukmu palestina.” a post shared by mesut özil (@m10_official) bintang muslim jerman mesut ozil, yang bermain untuk fenerbahçe sk, men-tweet foto yang diedit yang menunjukkan seorang anak laki-laki mengenakan kaos sepak bola sambil memegang kartu merah kepada seorang tentara israel. A post shared by eric cantona (@ericcantona) legenda timnas prancis dan manchester united (mu), eric cantona (54) menyatakan dukungannya terhadap perjuangan warga palestina.

Dia mengunggah foto dukungan untuk palestina di akun instagram pribadnya. Di foto itu, dia berpose dengan istrinya, rachida brakni (44), seorang aktris prancis. Dengan memakai kaus putih bertulisan ‘hoping for palestine’ atau ‘berharap untuk palestina’, cantona mengampanyekan untuk menolong masyarakat palestina. Kaus tersebut didesain oleh lembaga swadaya masyarakat (lsm), hoping foundation.


Baca Juga

0  Komentar