aespa Dipilih Sebagai Grup K-Pop yang Paling Disukai Generasi Z

Solo Trust   Kamis, 8 Juli 2021

img

Aespa dipilih sebagai grup k-pop yang paling disukai generasi z solotrust.com - aespa dipilih oleh media korea selatan ize sebagai grup k-pop yang paling disukai generasi z (gen z) atau mereka yang lahir antara tahun 1997 dan 2012, sebagaimana dikabarkan situs kpopstarz (5/7/2021). Untuk mengikuti kebutuhan gen z, industri hiburan pun beralih ke hal baru. Idola tidak bisa lagi hanya cantik atau tampan dan berbakat, mereka juga perlu memiliki sesuatu yang istimewa dan unik. Aespa debut pada november 2020 dengan delapan anggota.

Empat anggotanya adalah karina, winter, giselle, dan ningning. Sementara empat yang lain adalah avatar mereka di dunia digital (kwangya) yakni ae-karina, ae-winter, ae-giselle, dan ae-ningning. Aespa dianggap sebagai grup k-pop pertama yang menggabungkan it dan k-pop. Aespa dipromosikan dengan konsep unik karena ae mereka memiliki artificial intelligence (ai) atau kecerdasan buatan, yang memungkinkan mereka untuk berbicara dan berpikir.

Dengan itu, komunikasi antara anggota dan rekan avatar mereka menjadi mungkin. Aespa sendiri adalah nama yang dibuat dengan menggabungkan "ae" yang mengekspresikan "avatar x experience" dan kata bahasa inggris "aspect", yang berarti "temui ego anda yang lain, avatar, dan ciptakan dunia baru". Aespa mendapatkan sorotan dari gen z karena perpaduan unik antara teknologi mereka dengan metaverse (meta universe) aespa, namun tidak kehilangan gaya penampilan khas sm entertainment. Dengan penampilan trendi, keterampilan tingkat tinggi dan musikalitas dari para anggotanya, aespa terus meningkat popularitasnya di kalangan anak muda.

Aespa telah membangkitkan minat gen z, yang tumbuh dengan teknologi dan berada pada usia dimana mereka dapat mengikuti perkembangan di bidang it. Selain itu, dengan film-film seperti "avengers", cinematic universe dan metaverse juga populer di kalangan anak muda saat ini. Sementara banyak orang menganggap konsep aespa sebagai sesuatu yang "sulit untuk dipahami", kompleksitas menafsirkan nilai-nilai futuristik aespa dan pandangan dunia yang unik dikatakan adalah bagian dari kesenangan. Banyak istilah yang muncul terkait konsep aespa dengan avatarnya ini, seperti naevis, synk, dan rekall.

Naevis adalah sistem ai yang membantu anggota avatar aespa terhubung dengan rekan-rekan mereka di kehidupan nyata. Synk adalah cara anggota aespa dan avatar mereka berkomunikasi satu sama lain. Sementara rekall adalah waktu yang dihabiskan bersama oleh anggota avatar aespa dan anggota nyata di dunia nyata. Meski baru memiliki tiga lagu, aespa juga telah menunjukkan jangkauan yang luar biasa untuk grup pemula.

Lagu pertamanya "black mamba" memperkenalkan mereka ke dunia sebagai artis pop yang kuat, dengan synth yang berat dan beat dubstep. Sedangkan lagu keduanya "forever" menampilkan sisi yang lebih lembut. Aespa terakhir kembali dengan "next level". Time baru saja memilih lagu itu sebagai salah satu lagu k-pop terbaik 2021 sejauh ini.

Time menyoroti kualitas adiktif yang dimiliki lagu bergenre dance hip hop itu dan memuji struktur lagunya yang tak biasa. "lagu ini juga menyegarkan dalam struktur lagunya. Lagu-lagu k-pop sering (tetapi tidak selalu) berbagi penempatan verse, chorus, dan bridge yang sama dalam komposisinya. 'next level' dengan perubahan tempo mid-track, menghadirkan variasi yang tak terduga namun disambut baik," tulis time.

Meski terkesan eksperimental, lagu ini nyatanya mendapat sambutan sangat baik dari para pendengar, bahkan menjadi lagu sm pertama yang memuncaki melon, chart musik terbesar di korea. Sejak reformasi chart melon dengan perhitungan baru, hanya beberapa idol lain yang lagunya bisa mencapai peringkat pertama yakni "how you like that" milik blackpink, "dynamite" dan "butter" milik bts, dan "rollin'" milik brave girls. Sebelumnya, "next level" tidak hanya menduduki peringkat pertama di genie and bugs segera setelah dirilis, tetapi juga di sejumlah chart lain seperti world digital song sales (chart penjualan lagu digital) di billboard dan chart qq music, kuwo music dan kogou music di cina. Mv "next level" juga telah melampaui 100 juta kali penayangan di youtube.


Baca Juga

0  Komentar