Bangun Koalisi dengan PAN dan PPP, Golkar Pasang Syarat Airlangga Capres

Tempo - Batang   Kamis, 12 Mei 2022

img

Bangun koalisi dengan pan dan ppp, golkar pasang syarat airlangga capres tempo.co , jakarta - partai golkar membangun koalisi dengan partai amanat nasional (pan) dan partai persatuan pembangunan (ppp) menuju pilpres 2024. Komitmen ketiga partai diumumkan usai pertemuan tiga ketua umum partai di rumah heritage jakarta, kemarin. Ketua dewan pimpinan pusat partai golkar ace hasan syadzily mengatakan partainya mematok syarat harus mengusung ketua umumnya, airlangga hartarto, sebagai calon presiden. "kami masih konsisten dengan (syarat) itu," ujar ace kepada tempo , kamis malam, 12 mei 2022.

Menurut dia prasyarat itu mengacu pada amanat munas golkar. Saat ditanya apakah ppp dan pan sudah menerima syarat tersebut, ace menjawab dengan politis. "keputusan munas partai golkar soal pencapresan pak airlangga sudah diketahui pan dan ppp," ujar dia. Koalisi yang diinisiasi golkar-pan-ppp ini diberi nama koalisi indonesia bersatu.

Kata "bersatu" diambil dari gabungan simbol-simbol tiga partai, yakni beringin lambangnya golkar, surya atau matahari lambangnya pan, dan baitullah (kabah) lambangnya ppp. Sesuai namanya, kata ace, tiga partai memiliki visi yang sama untuk persatuan indonesia. Pilpres 2024 diharapkan tidak menimbulkan pembelahan sosial dan polarisasi seperti 2019 silam. "tiga partai yang berkumpul sepakat bahwa dalam pemilu 2024 nanti kita tidak boleh mengalami atau terjebak pada hal yang sama.

Kami ingin pemilu menjadi ajang kontestasi ide, gagasan, track record , dan prestasi. Kesempatan untuk saling membuktikan diri mana yang terbaik di antara para peserta kontestasi," tuturnya. Ace menyebut koalisi golkar , ppp dan pan sangat inklusif. "kami masih sangat terbuka untuk bekerjasama dengan partai politik lainnya, karena yang menyatukan kami adalah kesepakatan gagasan dan ide untuk membangun indonesia," tuturnya.


Baca Juga

0  Komentar