Bantu UMKM Naik Kelas, BRI Luncurkan LinkUMKM

CNN Indonesia - Keuangan   Kamis, 6 Mei 2021

img

Bantu umkm naik kelas, bri luncurkan linkumkm jakarta, cnn indonesia -- bri resmi meluncurkan linkumkm, yakni platform yang mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) agar naik kelas, pada senin (28/4) melalui acara bri microfinancial outlook 2021. Linkumkm yang bertujuan untuk pemberdayaan dan pengembangan para pelaku umkm ini dihadirkan melalui aplikasi, juga situs www.linkumkm.id. Di dalamnya, ada 6 fitur utama dengan berbagai fasilitas dan produk pendukung. Masing-masing adalah rumah bumn, umkm media, umkm smart, komunitas, etalase digital, serta dashboard.

Direktur utama bri sunarso mengatakan, linkumkm siap menjawab kebutuhan pelaku umkm. Misalnya, terkait akses informasi tentang pasar, atau peningkatan kemampuan administrasi dan manajemen usaha. #div-gpt-ad-1589441958861-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } "melalui linkumkm, setiap pelaku usaha berkesempatan untuk bisa mendapat pelatihan yang berkualitas," ujar sunarso. Pelaku umkm yang ingin mendaftar sebagai anggota linkumkm dapat melakukannya langsung di platform linkumkm.id.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, pelaku umkm dapat langsung bergabung dengan komunitas yang diinginkan, serta meletakkan produk atau jasa pada etalase digital. Selaku anggota, pelaku umkm berhak mengikuti pelatihan demi peningkatan kapasitas. Pelatihan tersebut juga bisa diakses melalui fitur umkm smart yang berisi layanan pelatihan, konsultasi, literasi keuangan, hingga simulasi kredit untuk anggota. Nantinya, seluruh pelatihan yang dijalani akan dinilai berdasarkan aplikasi skoring.

Untuk mengetahui jenis kategori umkm, pelaku diajak melakukan penilaian dengan mengisi survei skoring. Setelah itu, penilaian akan diperbarui secara periodik setiap 3 bulan sekali. Sunarso menyebut, pelaku umkm yang mengikuti pelatihan akan mendapat modul pelatihan dari bri. Tak sampai di sana, peserta juga dibimbing sampai terbiasa menyusun neraca atau laporan keuangan menggunakan fitur keuanganku yang telah tersedia dalam platform.

Linkumkm sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap optimisme pelaku umkm yang terus meningkat sejak awal tahun ini. "peluncuran linkumkm dilakukan seiring makin tumbuhnya optimisme pelaku usaha menghadapi kuartal ii/2021. Data bri micro & sme index (bmsi) menunjukkan, angka ekspektasi indeks aktivitas bisnis meningkat dari 21,5 persen ke level 128 per kuartal i/2021. Ini menunjukkan bahwa pelaku umkm semakin optimis menyambut kuartal ii tahun ini dibanding periode-periode sebelumnya," tutur sunarso.

Saat ini, bmsi juga mencatat peningkatan optimisme di semua sektor. Optimisme tertinggi dan kenaikan terbesar muncul dari pelaku umkm sektor konstruksi. Hal ini diprediksi terjadi antara lain sebagai dampak kebijakan uang muka nol persen untuk kpr dengan nilai di bawah rp2 miliar, serta pembebasan ppn selama periode maret-agustus 2021. (rea).


Baca Juga

0  Komentar