Belanja Modal Tumbuh 9,3% Jadi Rp 22,8 Triliun

Investor   Selasa, 23 Maret 2021

img

Belanja modal tumbuh 9,3% jadi rp 22,8 triliun jakarta, investor.id - pihak kementerian keuangan menyatakan realisasi belanja modal hingga minggu (28/2) mencapai rp 22,8 triliun atau 9,3% dari target apbn yang sebesar rp 246,8 triliun. Jika dibandingkan dengan posisi februari 2020 terjadi pertumbuhan hingga 253%, sebab saat itu realisasi belanja modal hanya rp 6,5 triliun. Menteri keuangan sri mulyani indrawati mengatakan belanja modal melonjak cukup tinggi selain akselerasi dari procurement juga adanya berbagai refocusing untuk dilakukan perpanjangan atau jadi multi years contract. Belanja modal meningkat tinggi sebab pemerintah ingin menjaga momentum pembangunan infrastruktur maupun berbagai belanja di bidang investasi.

“sekarang masuk di 2021 ini berarti tujuan kita adalah menjaga momentum belanja modal tetap namun tidak mengancam apbn terutama pada saat terjadi shock tahun lalu dan kita jaga untuk akselerasi dan adjustment yang relatif mulus dan baik,” ucap sri mulyani dalam konferensi pers apbn kita pada selasa (23/2). Ia mengatakan dengan kondisi pandemi covid yang terjadi mulai maret 2020 tidak langsung membuat pelaksanaan proyek pemerintah terhenti. Ia mengatakan memang terjadi penurunan kinerja namun tidak membuat pengerjaan proyek langsung berhenti atau bahkan menjadi mangkrak “ini yang memang kami jaga sehingga bisa terpulihkan secara bertahap seiring dengan pemulihan dari ekonomi maupun dengan pengendalian covid-19,” ucap sri mulyani. Catatan kemenkeu menunjukan realisasi belanja modal untuk tanah mencapai rp 100 miliar, peralatan mesin sebesar rp 7,5 triliun, dan gedung bangunan sebesar rp 1 triliun sementara itu belanja modal untuk jalan, irigasi dan jaringan mencapai rp 14 triliun.

Bila dilihat berdasarkan kementerian/lembaga maka kementerian pekerjaan umum perumahan rakyat (pupr) mengalami kenaikan tertinggi hingga 194,1%. Belanja modal kementerian pupr naik menjadi rp 13,3 triliun pada februari 2021 dari rp 4,5 triliun pada februari 2020. “belanja modal utamanya untuk pembayaran proyek multi years contract yang masih berjalan di 2021 serta realisasi pemeliharaan jalan, jembatan, dan sarana prasarana perumahan dan permukiman,” ucap sri mulyani. Kementerian pertahanan melakukan belanja modal hingga rp 1 triliun.

Jumlah in meningkat pesat dari posisi februari 2020 yang hanya rp 300 miliar. Kemenhan banyak melakukan belanja modal dalam bentuk peralatan mesin dan alusista. Sementara itu realisasi belanja modal polri mencapai rp 6,1 triliun “ini realisasi pengadaan alat material khusus, dan alat material lainnya untuk tahun 2020 yang diluncurkan tahun 2021,” ucap sri mulyani. Sedangkan realisasi belanja modal kementerian perhubungan naik menjadi rp 1,3 triliun pada februari 2021.


Baca Juga

0  Komentar