Dari Patroli Siber hingga Penyekatan di Jalan

Koran Tempo   Kamis, 8 April 2021

img

Dari patroli siber hingga penyekatan di jalan jakarta – kepolisian daerah metro jaya bakal menggelar patroli siber guna mencegah pemudik menggunakan mobil carteran untuk pulang kampung. Sebab, menjelang lebaran tahun lalu, banyak pemilik mobil carteran yang menawarkan jasanya kepada pemudik melalui media sosial supaya bisa mengakali larangan pulang kampung via angkutan umum. "kami akan patroli siber karena banyak yang menawarkan jasa lewat facebook, instagram, dan sebagainya," kata direktur lalu lintas kepolisian daerah metro jaya, komisaris besar sambodo purnomo yogo, kepada tempo , kemarin. Pemerintah melarang masyarakat mudik mulai 6 hingga 17 mei mendatang demi mencegah penularan covid-19.

Pergerakan orang dalam jumlah besar berisiko meningkatkan penyebaran virus corona yang hingga kini tak kunjung terkendali. Kementerian perhubungan telah menggelar survei untuk mengetahui persepsi publik terhadap mudik lebaran tahun ini. Hasilnya, sebanyak 33 persen atau 81 juta orang akan melakukan perjalanan apabila pemerintah tidak melarang mudik. Jika dilarang, sebanyak 11 persen atau 27 juta orang tetap berencana pulang kampung.

Dengan larangan berupa penutupan operasi bus antarkota, para pemudik jalur darat akan menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil carteran. Polda metro jaya menilang sekitar 700 angkutan gelap menjelang dan setelah idul fitri tahun lalu. "kami akan merazianya," ujar sambodo. Kepolisian daerah, sambodo melanjutkan, juga akan mengawasi terminal bayangan.

Hal itu demi mencegah pemudik nekat pulang kampung dengan naik bus dari pemberhentian tak resmi setelah pemerintah dki jakarta menutup layanan bus antarkota antarprovinsi (akap) di terminal kalideres, tanjung priok, dan kampung rambutan. Polisi pun bakal menggelar penyekatan untuk mencegah pemudik. Ada sejumlah titik yang bakal menjadi pos, antara lain di jalan tol jakarta-cikampek, yaitu di cikarang barat, kabupaten bekasi; serta di jalan tol jakarta-merak, tepatnya di cikupa, kabupaten tangerang. Adapun pembatasan di jalur arteri salah satunya akan diterapkan di kedungwaringin, kabupaten bekasi.

"kendaraan pemudik akan diputar balik," ujarnya. Aktivitas di terminal kampung rambutan, jakarta, 8 april 2021. Tempo/subekti. Direktur jenderal perhubungan darat kementerian perhubungan, budi setiyadi, menjelaskan bahwa operator angkutan ataupun mobil carteran yang nekat melakukan perjalanan tak berizin selama masa larangan mudik akan dikenai sanksi oleh kepolisian berupa penilangan.

Kendaraan yang digunakan mudik itu juga akan diminta putar balik ke tempat asalnya jika terjaring pemeriksaan di pos penyekatan. Wakil gubernur dki jakarta ahmad riza patria mengatakan dinas perhubungan telah mengatur agar tidak ada lagi celah bagi warga yang ingin mudik menggunakan mobil carteran ataupun kendaraan pribadi melalui jalur tikus. Namun ia tidak merinci teknisnya. "sekali lagi, silaturahmi dapat dilakukan secara online , virtual, atau video call.

Tidak mengurangi substansi lebaran," kata politikus gerindra itu. Sebelumnya, kepala dinas perhubungan dki, syafrin liputo, menyatakan pemerintah provinsi akan menutup layanan bus akap di terminal kalideres, tanjung priok, dan kampung rambutan selama periode larangan mudik. Hanya terminal terpadu pulogebang yang diizinkan tetap membuka layanan bus akap untuk mengangkut penumpang dengan keperluan mendesak, seperti menjenguk keluarga yang sakit dan melayat keluarga/kerabat yang wafat. Kepala terminal kalideres, revi zulkarnaen, mengatakan layanan bus dalam kota dan antarkota di daerah jakarta, bogor, depok, tangerang, dan bekasi tetap tersedia di terminal di ujung jakarta barat itu pada 6-17 mei mendatang atau saat pelarangan mudik.

"kami sudah mulai mensosialisasi larangan mudik itu ke operator bus dan penumpang," kata dia. Revi mengatakan pandemi covid-19 membuat jumlah penumpang bus akap dari kalideres turun drastis. Misalnya, sebelum adanya virus corona , jumlah penumpang bus lintas provinsi itu bisa mencapai 1.500-1.700 orang per hari. Namun, sejak pagebluk menyebar, angkanya anjlok menjadi 200 orang..


Baca Juga

0  Komentar