Hukum Buka Puasa Bersama Menurut Islam, Bisa Datangkan dan Hilangkan Pahala

Detik Food - Indeks   Kamis, 6 Mei 2021

img

Hukum buka puasa bersama menurut islam, bisa datangkan dan hilangkan pahala jakarta - acara buka puasa bersama sudah menjadi bagian dari bulan suci ramadhan. Namun, bagaimana hukumnya dalam islam? bukber atau buka puasa bersama merupakan agenda rutin yang diadakan setiap bulan suci ramadhan. Biasanya acara buka puasa bersama sering diadakan oleh teman-teman lama. Karenanya acara buka puasa bersama tidak hanya sekadar makan bersama, melainkan bisa dijadikan sebagai momen bersilaturahmi.

Namun, acara bukber sering diperdebatkan tentang seberapa pentingnya. Selain itu, ada juga yang bertanya-tanya hukum buka puasa bersama menurut islam. Sebab ada beberapa pihak yang menyebut bahwa buka puasa bersama dapat mengurangi pahala berpuasa. Sebenarnya buka puasa bersama tidak ada salahnya, justru bisa mendatangkan pahala karena bisa bersilaturahmi.

Namun, bukber bisa juga mengurangi pahala jika melakukan hal-hal yang dilarang. 1. Dianjurkan oleh nabi muhammad hukum buka puasa bersama menurut islam, bisa datangkan dan hilangkan pahala foto: istock lantas bagaimana sebenarnya hukum buka puasa bersama menurut islam? ternyata buka puasa bersama pernah dianjurkan oleh nabi muhammad saw. Hal tersebut diterangkan lewat hadist riwayat abu dawud.

"para sahabat nabi muhammad saw bertanya, 'mengapa makan tidak kenyang?' kemudian, nabi balik bertanya, 'apa kalian makan sendiri?' para sahabat menjawab, 'iya'," (hr abu dawud). Kemudian rosulullah saw menjawab lagi, "makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka allah akan memberikan berkah kepada kalian semua,". 2. Nabi muhammad saw tidak pernah makan sendirian hukum buka puasa bersama menurut islam, bisa datangkan dan hilangkan pahala foto: istock sahabat nabi muhammad saw pernah menyebut kalau rosululllah saw tidak pernah makan sendirian.

Nabi muhammad saw juga pernah mengatakan bahwa sebaik-baiknya makanan adalah yang dimakan dengan banyak tangan. Dilansir dari cnn indonesia (18/05/2019) ustaz wahyul afif al ghafiqi juga menyampaikan anjuran nabi muhammad saw bahwa makan bersama-sama itu banyak berkahnya yang meliputi rasa kebersamaan dan menjadi silaturahmi. "ada kebersamaan, rasa syukur, silaturahmi dan interaksi atau komunikasi langsung antar manusia," ujar ustaz wahyul afif al ghafiqi. Selanjutnya halaman 1 2 3.


Baca Juga

0  Komentar