Isu Koalisi Indonesia Bersatu Usung Airlangga Hartarto di Pilpres, Ini Kata PAN

Tempo   Jumat, 13 Mei 2022

img

Isu koalisi indonesia bersatu usung airlangga hartarto di pilpres, ini kata pan ketua umum dpp pan zulkifli hasan (kedua kanan) memotong tumpeng disaksikan ketua majelis pertimbangan partai (mpp) pan hatta rajasa (kiri), ketua dewan kehormatan pan sutrisno bachir (kedua kiri), sekjen pan eddy soeparno (kanan) saat acara hut ke-22 pan, di dpp pan, jakarta, ahad, 23 agustus 2020. Antara/galih pradipta. Tempo.co , jakarta - sekretaris jenderal partai amanat nasional (pan), eddy soeparno, menyatakan koalisi indonesia bersatu belum memilki calon presiden yang bakal diusung dalam pilpres 2024. Menurut eddy, koalisi yang terdiri dari ppp, pan, dan golkar itu akan membahas kriterianya terlebih dahulu.

"kami belum membahas capres ke depan, kalau pun nanti ada pembahasan capres dan cawapres, yang mungkin akan dibahas itu lebih kepada kriterianya terlebih dahulu," ujar eddy saat dihubungi tempo, jumat, 13 mei 2022. Sebelumnya politikus partai golkar ace hasan syadzily menyatakan bahwa golkar mensyaratkan koalisi mengusung ketua umum mereka, airlangga hartarto, sebagai calon presiden pada pilpres 2024. Pasalnya, menurut ace, golkar telah menetapkan airlangga sebagai capres dalam musyawarah nasional. "keputusan munas partai golkar soal pencapresan pak airlangga sudah diketahui pan dan ppp," ujar dia kamis, 12 mei 2022.

Eddy menerangkan, sampai saat ini belum ada pembahasan mengenai kriteria capres tersebut dalam koalisi. Pada pertemuan perdana semalam, koalisi baru membahas mengenai gagasan yang akan dibawa koalisi dalam pemilu 2024. "untuk pemilu 2024 agar tidak terjadi lagi bentrok antar-indentitas. Kalau adu gagasan, adu ide, adu konsep, itu lah yang akan kami ajukan.

Tapi tidak adu kepentingan identitas, sehingga tidak melahirkan polarisasi yang lebih besar lagi," kata eddy. Soal golkar yang ingin airlangga hartarto menjadi capres, eddy mengatakan usulan itu baru pembahasan di internal golkar dan belum dibahas dalam koalisi. "saya kira itu syarat internal partai golkar," kata eddy. Pernyataan edy senada dengan sekretaris jenderal partai persatuan pembangunan (ppp) arwani thomafi.

Dia tak menampik koalisi itu dibentuk untuk pilpres 2024, namun pembahasan soal itu masih belum dilakukan. "ya, tentu nanti ada tahapan, atau saat dimana kami juga akan bicara lebih teknis (soal pencalonan presiden). Tapi yang menjadi pemahaman bagi kami adalah, kerjasama politik ini untuk saling menguatkan dan menjaga kesinambungan dalam pembangunan indonesia termasuk bagaimana kepentingan untuk menjaga memelihara persatuan di antara anak bangsa," kata arwani. "yang lebih penting dari kita ini adalah bagaimana persatuan, menjaga kesinambungan kepemimpinan ke depan itu merawat pembangunan di indonesia ini." secara matematis, koalisi indonesia bersatu telah memenuhi syarat mengajukan calon presiden untuk pilpres 2024.


Baca Juga

0  Komentar