Kamu Investor Saham Pemula? Hindari 3 Kesalahan Ini Agar Tak Merugi!

Idntimes - Inspiration   Kamis, 8 Juli 2021

img

Kamu investor saham pemula? hindari 3 kesalahan ini agar tak merugi! jakarta, idn times - akhir-akhir ini, semakin banyak anak muda yang tertarik investasi. Kondisi ini tidak terlepas dari edukasi tentang literasi keuangan sehingga meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya investasi. Namun, tak jarang investor pemula yang terpeleset karena baru terekspos dengan pasar uang. Idn times membantu kamu merangkum tiga kesalahan yang patut dihindari agar tidak merugi.

Simak yuk! 1. Terkecoh dengan harga murahharga murah pada instrumen investasi, salah satunya saham, dapat membuat investor tergiur dengan mudah. Para investor berharap jika menjual saham tersebut pada titik tertinggi bisa mendapatkan return of investment (roi) yang besar. padahal, pada umumnya, roi yang didapatkan tergantung pada prospek ke depan sebuah perusahaan dan bukan karena berapa lembar saham yang dimiliki. Maka itu, investor perlu melakukan analisis fundamental dan teknikal yang kuat agar dapat melihat lebih detail pergerakan harga saham kedepannya.

2. Mudah terbawa arustidak jarang, para investor terbawa arus dalam fluktuasi pasar uang. Salah satu contohnya ialah panic selling. ini adalah sebuah tindakan di mana investor tidak lagi menggunakan pertimbangan fundamental atau teknikal, yang ada hanya unsur psikologis rasa panik untuk segera menjual saham yang menimbulkan rasa takut berlebihan.tindakan ini biasa dilakukan saat nilai saham sedang turun drastis dan investor tidak mau mengalami kerugian, jadi mereka segera menjual sahamnya yang akhirnya menimbulkan kerugian semata. penyebab dari adanya hal ini adalah karena adanya perencanaan yang kurang matang dan hanya karena melihat tren dan mengikutinya tanpa analisis fundamental dan teknikal yang baik. 3.


Baca Juga

0  Komentar