Kasus Asabri: Tanah, Mal, dan Hotel Milik Bentjok Kembali Disita Kejagung

Harian Haluan   Minggu, 28 Maret 2021

img

Kasus asabri: tanah, mal, dan hotel milik bentjok kembali disita kejagung jakarta, harianhaluan.com -- tanah, mal, dan hotel milik tersangka kasus dugaan korupsi di pt asabri, benny tjokrosaputro (bentjok) kembali disita oleh tim penyidik jaksa agung muda tindak pidana khusus (jampidsus) kejaksaan agung. Aset berupa tanah, mall, dan hotel tersebut berada di daerah mempawah dan pontianak. "kali ini penyitaan aset milik tersangka yang berhasil disita dalam perkara tersebut yakni aset-aset milik dan atau yang terkait tersangka bts," kata kepala pusat penerangan hukum (kapuspenum) kejaksaan agung leonard eben ezer simanjuntak, sabtu(27/3), dikutip dari republika. Dia menjelaskan, asset yang disita tersebut berupa berupa enam bidang tanah dan/atau bangunan.

Penyitaan, lanjut dia, telah mendapat penetapan wakil ketua pengadilan negeri pontianak pada kamis (25/3). "yang pada pokoknya memberikan izin kepada penyidik kejaksaan agung untuk melakukan penyitaan terhadap tanah dan/atau bangunan di kota pontianak," kata leonard. Sesuai penetapan wakil ketua pengadilan negeri pontianak nomor : 10/pen.pid.sus-tpk/2021 /pn.ptk tanggal 24 maret 2021, asset milik atau yang berkaitan dengan tersangka benny tjokrosaputro yaitu satu bidang tanah dan/atau bangunan sesuai hgb no. 469 yang terletak di kota pontianak dengan luas 9.820 meter persegi.selanjutnya, satu bidang tanah dan/atau bangunan sesuai hgb no.

511 yang terletak di kota pontianak dengan luas 577 meter persegi. "di atas dua bidang tanah tersebut, berdiri sebuah bangunan permanen yaitu mall matahari pontianak," kata leonard. Sementara itu berdasarkan penetapan wakil ketua pengadilan negeri pontianak nomor : 12/ pen.pid.sus-tpk/2021/pn.ptk tanggal 24 maret 2021, asset milik atau yang berkaitan dengan benny tjokrosaputro, yaitu satu bidang tanah dan/atau bangunan sesuai hgb no. 38 (dahulu no.

2058) yang terletak di kota pontianak dengan luas 2.034 meter persegi.satu bidang tanah dan/atau bangunan sesuai hgb no. 57 (dahulu no. 2055) yang terletak di kota pontianak dengan luas 93 meter persegi. "di atas dua bidang tanah tersebut berdiri sebuah bangunan permanen yaitu hotel maestro pontianak," ujarnya.

Berikutnya, satu bidang tanah dan/atau bangunan sesuai hgb no. 58 (dahulu no. 2057) yang terletak di kota pontianak dengan luas 166 meter persegi dan satu bidang tanah dan/atau bangunan sesuai hgb no. 59 (dahulu no.

2056) yang terletak di kota pontianak dengan luas 159 meter persegi. Selanjutnya, kata leonard, aset milik atau yang berkaitan dengan tersangka benny tjokrosaputrp yang masih dalam proses untuk disita oleh tim jaksa penyidik kejaksaan agung berupa tiga hamparan bidang tanah seluas kurang lebih 833 hektare (8.330.000 meter persegi) yang terletak di desa peniti luar, desa sungai purun besar dan desa sungai burung kabupaten mempawah. "terhadap asset-aset para tersangka yang telah disita tersebut, selanjutnya akan dilakukan penaksiran atau taksasi oleh kantor jasa penilai publik (kjpp) guna diperhitungkan sebagai penyelamatan kerugian keuangan negara didalam proses selanjutnya," kata leonard. Kasus dugaan tindak pidana pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh pt asabri telah merugikan keuangan negara sebesar rp 23,73 triliun.

Kerugian negara di kasus ini jauh lebih besar dari kasus jiwasraya. Jampidsus telah menetapkan 9 orang tersangka, yakni dirut pt asabri periode 2011 sampai maret 2016 mayjen purn. Adam rachmat damiri, dirut pt asabri periode maret 2016 juli 2020 letjen purn. Sonny widjaja, direktur keuangan pt asabri periode oktober 2008 juni 2014 bachtiar effendi, serta direktur pt asabri periode 20132014 dan 20152019 hari setiono.

Berikutnya, kepala divisi investasi pt asabri juli 2012januari 2017 ilham w. Siregar, dirut pt prima jaringan lukman purnomosidi, dan direktur pt jakarta emiten investor relation jimmy sutopo dan dirut pt hanson international tbk. Benny tjokrosaputro dan komisaris pt trada alam minera heru hidayat. Baik benny maupun heru merupakan tersangka dalam kasus korupsi di pt asuransi jiwasraya.selain itu, kejaksaan agung telah menyematkan pasal tindak pidana pencucian uang (tppu) terhadap tiga tersangka, yakni benny tjockrosaputro, heru hidayat, dan jimmy sutopo.kejagung telah menyita sejumlah aset milik para tersangka mulai dari bangunan, apartemen, tambah nikel, mobil mewah, kapal hingga barang-barang berharga lainnya.

Termasuk memburu aset yang ada di luar negeri seperti singapura. Hingga saat ini nilai sementara aset sitaan yang telah dikumpulkan penyidik mencapai rp7 triliun. Nilai ini belum termasuk dengan aset tambang yang sudah disita. (*).


Baca Juga

0  Komentar