Kejagung Sita Hotel Mandarine Regency Benny Tjokro di Batam

CNN Indonesia - Hukum Kriminal   Rabu, 21 April 2021

img

Kejagung sita hotel mandarine regency benny tjokro di batam tim kejaksaan agung (kejagung) kembali menyita hotel milik tersangka benny tjokrosaputro yang terletak di wilayah batam, kepulauan riau dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan investasi pt asabri (persero). "di atas enam bidang tanah tersebut, berdiri sebuah bangunan permanen yaitu hotel mandarine regency," kata kepala pusat penerangan hukum (kapuspenkum) kejagung, leonard eben ezer simanjuntak dalam keterangan tertulis, rabu (21/4). Leonard menjelaskan bangunan hotel itu berada di atas enam bidang tanah yang berbeda seluas 7.360 m2 di wilayah kota batam. Dalam hal ini, lanjut dia, penyitaan telah mendapat penetapan ketua pengadilan negeri batam dalam nomor: 320/pen.pid/2021/pn.btm tertanggal 15 april 2021.

"berkaitan dengan tersangka bts," ucap dia lagi menambahkan. Menurutnya, penyitaan tersebut dilakukan untuk mengembalikan kerugian keuangan negara akibat kasus korupsi di perusahaan pelat merah tersebut. Penyidik, kata leonard, saat ini tengah melakukan penaksiran atau taksasi oleh kantor jasa penilai publik (kjpp) "guna diperhitungkan sebagai penyelamatan kerugian keuangan negara di dalam proses selanjutnya," tandas leonard. Diketahui, benny tjokro sendiri merupakan salah satu pihak swasta yang diduga turut berperan dalam memainkan jual beli saham pt asabri (persero) sehingga mengalami kerugian.

Dalam hal ini, negara diduga merugi hingga rp23,7 triliun. Sementara nominal uang yang terkumpul dari sejumlah aset sitaan milik tersangka, baru terkumpul rp10,5 triliun. Aset sitaan itu di antaranya sejumlah tambang dan barang mewah seperti mobil, apartemen, hotel, tanah, hingga beberapa kapal tongkang. Barang-barang itu nantinya digunakan untuk mengembalikan kerugian keuangan negara dan sebagai alat bukti.

Setidaknya, ada sembilan tersangka yang dijerat kejagung dalam perkara ini. Mereka ialah mantan direktur utama pt asabri mayor jenderal (purn) adam r. Damiri; letnan jenderal (purn) sonny widjaja; heru hidayat; dan direktur utama pt hanson international tbk., benny tjokrosaputro. Yang lain adalah kepala divisi investasi asabri ilham w.


Baca Juga

0  Komentar