Kronologi Euro 2020 Jadi Klaster Corona & Buat WHO 'Ngamuk'

Cnbcindonesia-news   Jumat, 2 Juli 2021

img

Kronologi euro 2020 jadi klaster corona & buat who 'ngamuk' jakarta, cnbc indonesia - gelaran piala eropa atau euro 2020 rupanya tidak hanya membawa suka cita bagi penggemar bola, tetapi juga nestapa bagi negara-negara eropa. Pasalnya muncul klaster corona dari ajang olahraga ini. Akhir juni lalu, sebanyak 300 suporter finlandia yang mendukung tim nasional di pertandingan euro 2020 tertular covid-19. Akibatnya tingkat infeksi harian negara baltik tersebut naik dari sekitar 50 per hari, menjadi lebih dari 200 dalam seminggu terakhir.

Dilansir dari reuters , pejabat kesehatan finlandia mengatakan angka itu kemungkinan akan bertambah dalam beberapa hari mendatang. Sebelumnya para fans finlandia sempat menonton langsung laga melawan belgia di saint petersburg, rusia 21 juni lalu. Tak hanya suporter finlandia, tiga suporter denmark positif mengidap virus corona varian delta. Varian yang kali pertama mewabah di india ini lebih cepat menyebar dan mematikan ketimbang sebelumnya.

"tiga orang ini terinfeksi saat menonton pertandingan. Mereka yang menjalani kontak erat sudah diinformasikan," kata anette lykke petri, direktur badan keamanan pasien denmark, dikutip dari the straits times. Bersama tiga orang terinfeksi itu ada sekitar 4.000 orang yang berada di tribun yang sama. Otoritas denmark akan segera menyisir seluruhnya untuk menjalani tes.

Di sisi lain, rusia sendiri saat ini mengalami kenaikan kasus corona. Menurut informasi terbaru dari gugus tugas virus corona nasional rusia, ada 8.457 kasus infeksi baru di moskow dan 1.247 di st. Petersburg terdeteksi dalam beberapa hari terakhir. Melihat hal ini, organisasi kesehatan dunia (who) menyebut bahwa para penonton laga sepakbola piala eropa atau euro 2020 telah membuat angka penularan covid-19 yang cukup signifikan.

Who juga meminta semua pihak terkait melakukan pemantauan ketat terhadap pertandingan euro 2020. "akan ada gelombang baru di kawasan eropa who kecuali kita tetap disiplin," tegas diirektur badan pbb eropa hans kluge pada kamis (1/7/2021), dikutip dari afp. "saya harap tidak... Tapi ini tidak bisa dikecualikan." sementara itu guna meningkatkan perlindungan, badan sepak bola eropa uefa telah membatalkan semua tiket yang dijual kepada penduduk inggris.


Baca Juga

0  Komentar