Manchester Sang Penguasa Inggris Tapi Bukan Eropa.

Kompasiana - latest   Minggu, 30 Mei 2021

img

Manchester sang penguasa inggris tapi bukan eropa. manchester adalah salah satu kota metropolitan di kerajaan inggris. Namun kalau bicara sepakbola maka kota manchester lebih banyak menorehkan prestasi di banding kota london. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan di kawasan eropa barat.

Bahwa klub sepakbola yang berada di ibukota negara kalah terkenal dengan kota-kota besar disekitarnya. Mirip dengan jerman, dimana kota berlin (hertha berlin) tidak apa-apanya dengan bayern munich yang berbasis dikota muenchen (negara bagian bavaria) dan borussia dortmund (kota dortmund). Bahkan yang lebih miris lagi yang terjadi di kota roma, ibukota italia dimana as roma yang bernama lain srigala (i lupi) terakhir menjadi scudeto (juara liga italia) pada tahun 2000. Dan hanya menjadi bayang-bayang kota turin (juventus) dan milan (inter milan dan ac milan).

Di awal bulan mei, dunia dikejutkan dengan tampilnya 2 klub bergengsi dari kota manchester, yaitu manchester united dan manchester city di dua final kompetesi sepakbola eropa. Bila manchester united yang dimanejeri oleh ole gunnar solskjr maju ke final liga eropa untuk menghadapi wakil spanyol yaitu villareal di kota gdansk, polandia. Maka manchester city, sang jawara liga primer inggris maju ke final liga champion eropa menghadpi wakil inggris lainnya chelsea yang dilatih oleh pelatih barunya thomas tuchel. Besar harapan warga manchester bahwa kedua klub manchester city dan manchester united yang merupakan jawara dan runer up liga primer inggris akan mengawinkan kedua gelar paling bergengsi di benua biru.

Ditambah kedua klub bila masing-masing meraih juara maka di pertengahan bulan agustus ini akan bertarung di piala super eropa yang rencananya juga dilaksanakan di britania raya, yaitu di windsor park, irlandia utara. Hal ini dimulai dari kegagalan manchester united di final liga eropa pada kamis dinihari (27 mei 2021) dengan kekalahan dari villareal melalui adu penalti yang sangat membuat jantung berdebar dengan posisi akhir 10-11. Setan merah dengan bertabur bintang seperti paul pogba, edison cavani, bruno fernandes dan marcus rashford tidak cukup mampu mengalahkan klub medioker liga spanyol, villareal. Villareal adalah suatu kotamadya yang berada di propinsi castellon berpenduduk di bawah 50 ribu jiwa mampu mempermalukan salah satu wakil kota manchester sang penguasa liga primer sepanjang sejarah.

Episode puncak kegagalan kota manchester di ajang sepakbola eropa tahun 2021 adalah dipermalukannya sang adik manchester city oleh chelsea, klub yang bermarkas di fulham, london dengan skor tipis 0-1 pada minggu dini hari wib (30/5/20210) di stadion do dragao, porto, portugal. Melalui gol yang dicetak oleh kai havertz usai menerima operan mason mount pada menit ke-42 sebelum turun minum. Walau dilatih oleh salah satu juru racik sepakbola ternama di dunia, pep guardiola namun sampai berakhirnya 2 x 45 menit, mereka harus mengubur impian menjadi jawara sepakbola eropa untuk kesekian kalinya. Khusus untuk piala champion eropa sangat jarang melahirkan jawara baru bila berada di final.

Bahkan paris saint germain sebuah klub kota paris, perancis saja gagal ketika mencoba peruntungannya tahun lalu (2020) saat berhadapan dengan klub berpengalaman bayern munich dengan skor yang sama yaitu 1-0. Hal ini terulang kembali kepada manchester city di akhir bulan mei ini. Ada 2 hal yang mungkin bisa menjadi lelucon para pengemar bola , pertama ketika final tahun depan maka bila ada salah satu klub di final belum pernah juara sebelumnya, sebaiknya pilihlah yang sudah pernah. Kecuali di final adalah klub yang belum pernah jawara.

Kita berharap final tahun depan adalah anatara paris st germain menghadapi manchester city. Kedua, kalau mau meraih the big ears" (telinga besar) gunakanlah jasa pelatih yang berasal dari jerman. Mungkin ini alasan roman abramovich untuk cepat-cepat menganti frank lampard sebagai pelatih dengan thomas tuchel yang berkebangsaan jerman menjelang akhir perhelatan liga champion eropa. Konten terkait kalahkan borussia dortmund, manchester city ke semifinal liga champions eropa memahami arsenal dan memantaskan manchester united di ajang liga eropa manchester, milan, dan madrid, tiga kota penguasa sepak bola penghormatan senjata kepada sang pelaut ulung inggris bukan waktu sang penentu "the gunners" arsenal dan manchester united berjaya di liga eropa bisa saja manchester menguasai liga primer inggris saat ini, namun untuk menaklukan benua biru tidak semudah itu.


Baca Juga

0  Komentar