Menpora Anjurkan Klub Sepak Bola Indonesia Go Public, Bali United Bisa Jadi Contoh

Sindo News - Soccer   Sabtu, 29 Mei 2021

img

Menpora anjurkan klub sepak bola indonesia go public, bali united bisa jadi contoh jakarta - menteri pemuda dan olahraga republik indonesia (menpora ri), zainudin amali telah mengajak klub sepak bola indonesia untuk masuk ke pasar modal. Sebelum ajakan ini disampaikan, sudah ada satu klub yang telah go public, yakni bali united. Baca juga: bali united sempat menyedot perhatian karena memutuskan melantai di pasar modal secara resmi pada 2019. Tepatnya, saham klub berjuluk serdadu tridatu itu masuk bursa efek indonesia sejak 17 juni 2019.

Dengan masuk ke penawaran umum perdana saham atau initial public offering (ipo), bali united menjadi klub pertama di indonesia yang go public. Tak hanya di indonesia, merka juga menjadi klub sepak bola pertama di asia tenggara yang melakukan hal itu. Perusahaan yang mengelola klub sepak bola bali united ini memiliki kode emiten bola. Terjunnya bali united ke pasar modal kala itu disambut positif ceo, yabes tanuri.

Dia menyatakan langkah itu sejalan dengan tujuan perseroan menjadi klub sepak bola yang terus berinovasi. "dilepasnya saham bali united untuk umum akan semakin banyak pihak yang mendukung tercapainya visi dan misi bali united untuk meraih sukses yang berkelanjutan. Tentu saja, para suporter akan berperan lebih aktif dalam memperbesar dampak bali united," tutur yabes kala itu. "perolehan dana ipo akan digunakan perseroan untuk investasi, memperkuat struktur permodalan di entitas anak, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja," lanjutnya.

Langkah yang sudah dilakukan bali united sejak 2019 ini tentunya diharapkan bisa diikuti oleh klub-klub sepakbola lain di indonesia. Sebab, amali menilai keberlangsungan sepak bola akan lebih terjamin dengan menjadi sebuah industri. "kita mendorong supaya industri olahraga khususnya industri sepak bola ini makin bergairah,” ujar menpora zainudin amali, sebagaimana dikutip dari laman resmi kemenpora. "makin banyak klub yang masuk ipo di pasar modal, saya kira kelanjutan dari kehidupan klub makin terjamin dan kualitasnya tentu tetap bisa terjaga,” lanjutnya.


Baca Juga

0  Komentar