Nasional Terkini: Mudik Lebaran 2021 Dilarang dan Marzuki Alie Cabut Gugatan

Tempo   Jumat, 26 Maret 2021

img

Nasional terkini: mudik lebaran 2021 dilarang dan marzuki alie cabut gugatan ilustrasi mobil untuk mudik. Dok.tempo tempo.co , jakarta - sejumlah berita nasional yang banyak menjadi perhatian pembaca pada jumat pagi, 26 maret 2021 hingga siang ini, adalah pemerintah memastikan pelarangan mudik lebaran 2021. Ada sejumlah pertimbangan penting dalam keputusan pelarangan tersebut. Kemudian, majelis hakim pengadilan negeri jakarta pusat mengabulkan pencabutan gugatan marzuki alie dan sejumlah kader lainnya perihal pemecatan mereka dari partai demokrat.

Adanya kepengurusan usai klb demokrat salah satu alasan mereka membatalkannya. Berikut ini rangkuman beritanya: 1. Pemerintah larang mudik lebaran 2021 pemerintah resmi melarang mudik lebaran 2021. Ketentuan ini berlaku untuk seluruh asn, anggota tni/polri, karyawan bumn, karyawan swasta, maupun pekerja mandiri dan seluruh masyarakat.

Menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (menko pmk), muhadjir effendy menjelaskan dua alasan pemerintah mengambil kebijakan tersebut. Pertama, kata muhadjir effendy, karena tingginya angka penularan dan kematian baik masyarakat maupun tenaga kesehatan akibat pandemi covid-19 setelah beberapa kali libur panjang, khususnya setelah libur natal dan tahun baru 2020. Alasan kedua, tingginya bed occupancy rate (bor) atau persentase tempat tidur yang terisi dari sekian kapasitas tempat tidur yang disediakan/tersedia pada layanan rawat inap. "sehingga diperlukan langkah-langkah tegas dalam mencegah hal tersebut terulang kembali.

Sesuai dengan arahan presiden dan hasil keputusan rapat koordinasi tingkat menteri pada 23 maret 2021, maka ditetapkan bahwa tahun 2021, mudik ditiadakan," ujar muhadjir dalam konferensi pers, jumat, 26 maret 2021. Larangan mudik berlaku mulai 6 mei - 17 mei 2021. Dengan pemberlakuan kebijakan larangan mudik ini, pemerintah berharap penanganan covid-19 semakin baik dan program vaksinasi yang saat ini tengah berjalan bisa menghasilkan kondisi kesehatan yang semaksimal mungkin sesuai dengan yang diharapkan. Muhadjir menyebut, aturan-aturan yang menunjang peniadaan mudik lebaran 2021 selanjutnya akan diatur oleh kementerian/lembaga terkait termasuk satgas covid-19 yang di dalamnya akan diatur mengenai langkah-langkah pengawasannya oleh tni/polri, kementerian perhubungan dan lain-lain.

2. Pn jakpus kabulkan pencabutan gugatan marzuki alie soal pemecatan dari demokrat majelis hakim pengadilan negeri (pn) jakarta pusat mengabulkan permohonan pencabutan gugatan marzuki alie dan lima politisi lainnya terkait pemecatan dari keanggotaan partai demokrat. Pencabutan gugatan itu ditetapkan dalam sidang oleh ketua majelis hakim rosmina. Anggota tim kuasa hukum para penggugat, slamet hasan, menjelaskan gugatan itu dicabut karena pemecatan dari keanggotaan partai demokrat tidak lagi relevan dipersoalkan mengingat status para penggugat telah dipulihkan dalam kongres luar biasa di sibolangit, deli serdang, sumatera utara, pada 5 maret.

“yang kedua, pak marzuki alie, dan kawan-kawan (para penggugat, red) beralasan akan konsentrasi dan mengurus pengesahan demokrat (versi klb) di kementerian hukum dan hak asasi manusia republik indonesia,” terang slamet, jumat 26 maret 2021. Sementara koordinator kuasa hukum yang mewakili tiga pengurus dewan pimpinan pusat (dpp) partai demokrat mehbob mengatakan pencabutan gugatan itu dilakukan karena kedudukan hukum para penggugat lemah. “gerombolan (para penggugat) mencabut gugatan itu sebelum menghadapi pertempuran, karena dia berpikir legal standing (kedudukan hukum) mereka lemah, karena ini adalah masalah partai politik pasti akan kembali ke mahkamah partai,” terang mehbob. “majelis hakim telah memutuskan pencabutan (gugatan) itu.

Jadi saya kira masalahnya itu sudah selesai,” kata mehbob merujuk pada gugatan nomor 147/pdt.sus-parpol/2021/pn jkt.pst, yang didaftarkan oleh penggugat pada 8 maret. Marzuki alie, tri yulianto, darmizal, achmad yahya, yus sudarso, dan syofwatillah mohzaib pada 8 maret 2021 menggugat ketua umum dpp partai demokrat agus harimurti yudhoyono (ahy), sekretaris jenderal partai demokrat teuku riefky harsya, dan ketua dewan kehormatan dpp partai demokrat hinca panjaitan ke pn jakarta pusat terkait pemecatan enam politisi itu dari keanggotaan partai. Terkait permohonan itu, rosmina menyambut baik keputusan marzuki alie cs soal gugatan ke demokrat. “kami senang sekali kalau ini sudah bisa diselesaikan di luar pengadilan.


Baca Juga

0  Komentar