Pandemi bawa perbaikan pada bisnis wealth management Bank Commonwealth

Kontan   Senin, 5 Juli 2021

img

Pandemi bawa perbaikan pada bisnis wealth management bank commonwealth reporter: amanda christabel | editor: tendi mahadi kontan.co.id - jakarta. Pt bank commonwealth (bank commonwealth) mencatatkan tren bisnis wealth management masih positif hingga tengah tahun ini. Dinyatakan oleh chief of retail & sme business commonwealth bank ivan jaya, dalam skala nasional, perkembangan bisnis wealth management selama pandemi malah menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan. “terbatasnya aktivitas karena pandemi membuat banyak nasabah mengalokasikan dananya untuk berinvestasi.

Dan berbicara mengenai pertumbuhan jumlah investor domestik baru, berdasarkan data ksei yang dirilis awal juni lalu, pertumbuhan jumlah investor reksa dana sepanjang tahun 2020 tumbuh 79% dari 1,77 juta investor di akhir desember 2019 menjadi 3,17 juta investor di akhir desember 2020. Sejak awal tahun 2021 hingga 31 mei 2021 kemarin tercatat bertambah 1,52 juta atau tumbuh 48% dari akhir tahun 2020 lalu,” terang ivan kepada kontan pada senin (5/7). Ivan menjelaskan, dana kelolaan wealth management bank commonwealth pada posisi akhir juni 2021 mengalami pertumbuhan antara 7-10% dari posisi akhir desember 2020 atau secara year to date (ytd). Pertumbuhan paling signifikan tercatat pada dana kelolaan di aset obligasi, yang mengalami peningkatan sebesar 30% secara year to date.

“beberapa faktor pendukung dari pertumbuhan aset obligasi adalah new issuance dari obligasi pemerintah, dan juga adanya shifting dimana investor dari kelas aset lain mengalihkan asetnya ke instrument investasi yang memiliki volatilitas lebih rendah dan cenderung stabil seperti obligasi pemerintah,” jelas ivan. Ivan mengatakan bahwa seiring dengan meningkatnya literasi dan inklusi keuangan masyarakat, didukung dengan kemudahan akses informasi di era digital, akan membuat minat masyarakat terhadap produk wealth management terus meningkat. “selain itu, pandemi telah membuat masyarakat menunda pengeluaran yang konsumtif seperti rekreasi dan liburan yang justru menambah dana kas pribadi ( standby cash ) masyarakat yang bisa diinvestasikan,” tambah ivan. Salah satu strategi bisnis bank commonwealth yaitu melalui aplikasi commbank smartwealth.


Baca Juga

0  Komentar