Pemerintah Cari Utang ke China Untuk Operasikan Kereta Cepat

CNN Indonesia - Bisnis   Kamis, 8 Juli 2021

img

Pemerintah cari utang ke china untuk operasikan kereta cepat jakarta, cnn indonesia -- kementerian bumn mengatakan kereta cepat jakarta bandung (kcjb) bakal mengalami cost deficiency (kekurangan biaya) operasi pada awal pengoperasiannya. Untuk itu, pemerintah tengah bernegosiasi dengan china agar mendapat bantuan pinjaman di awal operasi kcjb nanti. Wakil menteri bumn kartika wirjoatmodjo menyebut pinjaman bisa diperoleh dari china development bank (cdb) dengan jaminan oleh pt kereta api indonesia (persero) atau kai. Agar itu bisa terwujud, pt kai nantinya akan diusulkan untuk mendapatkan jaminan dari pemerintah dengan pembentukan singking fund.

#div-gpt-ad-1589441958861-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } "untuk kelangsungan usaha dalam konteks operasional cash flow negatif yang akan terjadi di awal-awal operasi ini, kita sedang skemakan dengan pembiayaan dari bank. Dalam hal ini china development bank," ujarnya dalam rapat di komisi vi dpr, kamis (8/7). Selain cost deficiency, kartika juga mengatakan proyek tersebut juga berpotensi mengalami pembengkakan konstruksi (cost overrun) sampai dengan us$1,4 miliar-us$1,9 miliar. Karena itu, pemerintah tengah bernegosiasi dengan china untuk menambal pembengkakan itu.

Ia menambahkan pembengkakan terjadi akibat keterlambatan pembebasan lahan dan perencanaan yang terlalu optimis di awal. [gambas:video cnn] "kurang kuatnya manajemen proyek menyebabkan adanya potensi cost overrun pada proyek kereta cepat jakarta bandung," ujar mantan dirut bank mandiri tersebut. Kartika menuturkan 75 persen dari cost overrun diasumsikan disetujui oleh pemegang saham (psbi dan bejing yawan) serta cdb untuk dapat dicover melalui utang. "pemenuhan biaya cost overrun akan dinegosiasikan dengan pihak china," tandasnya.


Baca Juga

0  Komentar