Perombakan Kabinet Kian Dekat

Koran Tempo   Rabu, 14 April 2021

img

Perombakan kabinet kian dekat jakarta – rencana reshuffle kabinet jilid ii pemerintahan joko widodo-ma’ruf amin kian dekat. Pertemuan presiden jokowi dengan sejumlah elite politik belakangan ini menguatkan sinyal bakal adanya perombakan kabinet itu. Sumber tempo yang mengetahui proses ini mengatakan setidaknya ada dua pertemuan penting yang menguatkan tengara bahwa jokowi akan segera merombak kabinetnya. Pertemuan itu adalah antara jokowi dan ketua umum partai demokrasi indonesia perjuangan, megawati soekarnoputri, pada 1 april lalu.

Sumber ini mengatakan presiden meminta pertimbangan mega sebagai ketua umum partai pendukung utama untuk mematangkan perombakan kabinet. “selain itu, pertimbangan itu diperlukan lantaran bu mega menaruh perhatian terhadap pembentukan ekosistem riset yang terinspirasi oleh masyarakat ilmu pengetahuan indonesia yang didirikan presiden sukarno,” kata sumber itu, kemarin. Adapun pertemuan kedua yang membahas rencana reshuffle berlangsung antara jokowi dan wakil presiden ma’ruf amin di istana kepresidenan pada senin lalu. Pertemuan jokowi dengan ma’ruf amin ini berlangsung tiga hari setelah dewan perwakilan rakyat menyetujui rencana pemerintah untuk membentuk kementerian investasi.

Dewan juga menyetujui peleburan kementerian riset dan teknologi ke kementerian pendidikan dan kebudayaan serta pembentukan badan riset dan inovasi nasional ( brin ). Ketua dewan pengarah badan pembinaan ideologi pancasila, ibu megawati soekarnoputri (kiri), presiden joko widodo, dan wakil presiden ma'ruf amindi istana negara, jakarta, 3 desember 2019. Tempo/subekti pernyataan tenaga ahli utama kantor staf presiden (ksp), ali mochtar ngabalin, menguatkan informasi soal rencana reshuffle dalam waktu dekat. Ia mengatakan presiden jokowi akan segera melantik dua menteri baru.

Pelantikan itu merupakan tindak lanjut peleburan kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan kementerian riset dan teknologi serta pembentukan kementerian investasi. Menurut ali, pelantikan akan digelar pekan ini atau paling lambat pekan depan. “kalau bukan pekan ini, pekan depan. Karakter kepemimpinan pak jokowi itu kan tidak suka menunda-nunda, tidak suka memperlambat.

Selalu mengambil keputusan cepat dan tepat,” kata ali saat dihubungi tempo , kemarin. Ia menuturkan jokowi akan bergerak cepat setelah dpr menyetujui rencana penggabungan kemenristek dan kemendikbud menjadi kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi serta pembentukan kementerian investasi. Jokowi juga akan segera melantik kepala brin. “dpr sudah kirim kembali surat ke presiden.

Menterinya (menristek bambang brodjonegoro) sudah pamit. Artinya, ada nomenklatur baru, harus dilantik lagi menterinya yang baru. Sk (surat keputusan) baru juga perlu,” ujarnya. Sumber lain mengatakan jokowi tengah menyiapkan payung hukum berupa peraturan presiden perihal badan riset dan inovasi nasional.

Aturan lainnya yang bakal diubah adalah keputusan presiden nomor 113/p tahun 2019 tentang pembentukan kementerian negara dan pengangkatan menteri negara kabinet indonesia maju. Dalam kepres ini, kementerian riset serta brin masih dipimpin oleh satu orang menteri. aturan itu dibutuhkan supaya proses kocok ulang kabinet berjalan mulus. “perubahan kelembagaan ini memerlukan peraturan presiden yang saat ini sedang digodok,” kata sumber itu, kemarin. Juru bicara wakil presiden, masduki baidlowi, membenarkan soal pertemuan jokowi dengan ma’ruf.

Namun dia tidak mengetahui apakah agenda pertemuan itu membicarakan rencana untuk merombak kabinet. “kalau ada perombakan, tentunya wapres akan diajak berembuk oleh presiden,” kata masduki, kemarin. Sedangkan pertemuan jokowi-mega dibenarkan oleh sekretaris jenderal pdi perjuangan, hasto kristiyanto. Namun dia tidak menerangkan apakah acara tersebut juga memuat rencana mematangkan perombakan kabinet.

Menteri kabinet indonesia maju saat rapat terbatas di kantor presiden, komplek istana kepresidenan, jakarta, 17 februaru 2020. Tempo/subekti hasto menyatakan partainya menghormati hak prerogatif jokowi untuk mengganti jajarannya. “pdi perjuangan oleh ibu megawati itu diajarkan berpolitik dengan taat pada aturan main, tata pemerintahan yang baik. Terkait dengan reshuffle , itu kan yang memiliki hak prerogatif adalah presiden,” ujar hasto.

Deputi iv kantor staf presiden, juri ardiantoro, menampik tuduhan soal menguatnya rencana perombakan kabinet. Dia mengemukakan, di lingkup istana, isu reshuffle belum kencang berembus. Juri berdalih, kabar reshuffle belum menguat karena perombakan struktur kabinet tak selalu diikuti dengan pergantian menteri. “kebijakan peleburan dan pembentukan kementerian itu iya.

Tapi apakah itu akan diikuti dengan reshuffle , hanya presiden yang tahu,” ujar juri. Ketua harian partai gerindra, sufmi dasco ahmad, irit berkomentar seputar perombakan kabinet. “presiden lebih tahu mana kementerian yang perlu dirombak,” kata dia. Adapun ketua dewan pimpinan pusat partai nasdem, charles meikansyah, mengatakan partainya belum mendapat informasi seputar rencana presiden merombak kabinet.

Menurut dia, rencana itu akan dibicarakan langsung oleh jokowi dengan ketua umum nasdem, surya paloh. Kendati demikian, dia menyarankan agar proses perubahan struktur kabinet dilakukan secara cermat dan cepat, khususnya berkaitan dengan peleburan kementerian riset ke kementerian pendidikan dan kebudayaan. “butuh waktu untuk penyusunan dirjen (direktur jenderal) dan direktur. Saya berharap ini dilakukan dengan cepat sehingga tidak menimbulkan ketidakpastian,” kata dia..


Baca Juga

0  Komentar