Persija Juara Piala Menpora, Kemenangan Sepakbola Indonesia

Radar Bogor   Senin, 26 April 2021

img

Persija juara piala menpora, kemenangan sepakbola indonesia solo-radar bogor, piala menpora 2021 berakhir minggu, 25 april malam tadi. persija keluar sebagai kampiun setelah menyelesaikan dua pertandingan final kontra persib dengan keunggulan agregat 4-1. Ini adalah pencapaian bersejarah bagi macan kemayoran, julukan persija. Namun, di atas itu, sukses menggelar piala menpora adalah kemenangan sepak bola indonesia melawan pandemi covid-19 yang sudah meluluhlantahkan kompetisi tanah air. “ini kemenangan kita semua.

Salam hangat dari presiden. Pemerintah menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih,” kata menteri pemuda dan olahraga republik indonesia (menpora ri), zainudin amali dalam sambutan penutupannya di stadion manahan, solo. Piala menpora 2021 memang seperti oase bagi sepak bola indonesia. Seperti diketahui, piala menpora merupakan turnamen pertama yang digelar sejak pandemi covid-19 melanda dunia.

Tahun lalu, liga 1 dan liga 2 harus terhenti di pekan-pekan awal akibat wabah ini. Pertandingan ps tira-persikabo melawan persita, psm versus barito putera, dan persib kontra ps sleman, 15 maret tahun lalu menjadi sajian penutup kisah singkat musim liga 2020. Sempat diwacanakan akan digulirkan kembali pada oktober 2020, rencana itu tak bisa terealisasi. Pengurus persatuan sepak bola seluruh indonesia (pssi) mengirim setidaknya tiga surat kepada kepolisian untuk meminta izin melanjutkan kompetisi.

Surat pertama dikirim pada 1 oktober 2020, lalu 1 november 2020, dan kemudian 1 februari 2021. Pada saat bersamaan, pemain-pemain yang hidup dari sepak bola juga melakukan beragam aksi bersama suporter. Mereka menuntut kompetisi dilanjutkan setelah sejumlah negara mulai melanjutkan liga mereka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun, izin yang ditunggu pssi dan pt liga indonesia baru (lib) selaku operator liga 1 tak kunjung keluar.

Pada akhirnya, setelah pssi menggelar rapat exco, liga 1 dan liga 2 indonesia secara resmi dihentikan pada rabu, 20 januari 2021. Setelah setahun tanpa kompetisi, kerinduan pencinta dan pelaku sepak bola terobati ketika kemenpora bisa meyakinkan kepolisian untuk memberikan izin keramaian kepada pssi untuk menggelar piala menpora 2021. Turnamen ini dimulai 21 maret lalu. Ajang ini adalah sebuah pertaruhan besar pssi, pt lib, suporter, hingga kemenpora.

Dengan covid-19 masih mengancam, turnamen yang diikuti 17 klub ini sewaktu-waktu bisa dihentikan jika ada indikasi pelanggaran protokol kesehatan dan muncul klaster baru yang bisa mengganggu upaya pemerintah memerangi virus mematikan ini. Makanya, penerapan prokes selama bergulirnya piala menpora dilakukan dengan sangat ketat. Selain vaksinasi, seluruh pemain, ofisial, wasit, serta pihak lain yang terlibat wajib menjalani tes usap antigen menjelang berlangsungnya pertandingan. Siapapun yang masuk ke area stadion harus mengenakan gelang sebagai bukti sudah menjalani swab antigen.

Warna gelang ini berbeda untuk setiap pertandingan sehingga tidak ada yang bisa menggunakan gelang yang sudah dipakai sebelumnya alias wajib tes swab lagi jika ingin masuk stadion. Tak sampai di situ, setiap pertandingan piala menpora hanya boleh dihadiri maksimal 200 orang. Itu sudah termasuk pemain, pelatih, ofisial, anak gawang, media, tim medis, tamu, panitia, dan kelengkapan pertandingan lainnya. Itu standard operating procedure (sop) turnamen.

Saat laga berlangsung, pemain dan ofisial tim juga mesti patuh menjalankan protokol kesehatan, khususnya pembatasan jarak dan penggunaan masker. Lapangan dan bola yang dipakai juga setiap saat disemprot cairan desinfektan dan dibersihkan sepanjang pertandingan. Di luar stadion juga tidak boleh ada kerumunan, termasuk nonton bareng suporter. Kampanye dukung dari rumah digemakan sejak awal.

Dan semuanya berjalan baik seperti yang diharapkan pssi. Sepanjang turnamen, tidak pernah terdengar ada kelompok suporter yang menggelar nonton bareng. Zainudin mengatakan, pemerintah yang sejak awal berupaya menggerakkan kembali semangat industri olahraga di indonesia mengapresiasi semua pihak yang sudah membantu suksesnya turnamen ini. Mulai dari pssi hingga suporter.

“alhamdulillah terselenggara baik dan lancar. Terima kasih kepada ketua umum pssi dan jajarannya, pt lib, 17 klub, bapak kapolri, listyo sigit prabowo bersama jajarannya, menteri kesehatan, dan satgas covid. Juga paling ingin kami apresiasi adalah seluruh suporter,” kata zainudin. Ketua umum pssi, mochamad iriawan juga sangat puas dengan gelaran piala menpora 2021.

“alhamdulillah semua berjalan aman, lancar, sukses, dan terkendali. Tidak ada kendala karena kita memang sudah berkomitmen bahwa piala menpora klir dari klaster covid,” kata mochamad iriawan. Sukses pelaksanaan piala menpora 2021 membuat pssi dan pt lib kini sudah bisa mempersiapkan kompetisi liga 1 2021. Sebagaimana dilansir dari situs resmi pssi, iriawan dilaporkan sudah menyampaikan hal ini saat bertemu menpora bersama wakil ketua umum iwan budianto, plt sekjen yunus nusi, dirut lib akhmad hadian lukita.

“kami melaporkan perencanaan kompetisi liga 1. Surat menyurat untuk menpora, kepolisian dan juga satgas covid sedang pssi siapkan. Kami ingin liga 1 bergulir pada 3 juli, itu waktu yang tepat sampai maret 2022,” beber iwan bule, sapaan iriawan. Iriawan optimistis pihak kepolisian dan pemerintah akan memberikan izin bergulirnya liga 1 dan liga 2.

Hal ini karena turnamen pramusim berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan. “minimal seperti itulah nanti kita untuk menghadapi liga. Kami optimistis pemerintah dan kepolisian dapat memberikan izin buat liga 1 dan liga 2. piala menpora ini adalah ujian buat federasi soal penerapan prokes,” tandasnya. Menpora juga sudah memberi lampu hijau kepada pssi dan pt lib untuk menggulirkan liga 1 dan liga 2.

“sesuai arahan bapak presiden joko widodo, kita akan mengkaji dan mendiskusikan dengan pssi terkait gelaran kompetisi nantinya,” jelas zainudin. Pihak klub sendiri menegaskan kesiapan mereka menyambut kompetisi. Ceo psm, munafri arifuddin mengatakan pasukan ramang akan mempersiapkan diri dengan baik. “kami akan bekerja semaksimal mungkin dan menjadi peserta liga yang akan terus memberikan kebanggaan.


Baca Juga

0  Komentar