Proyek Tol Era Jokowi Banyak yang Mandek, Terkendala Pembebasan Lahan Hingga Ditolak Warga

Islam Today   Rabu, 28 April 2021

img

Proyek tol era jokowi banyak yang mandek, terkendala pembebasan lahan hingga ditolak warga (islamtoday id) – proyek jalan tol yang dibangun pemerintahan presiden jokowi sejak 2014 tidak semua berjalan lancar. Sejumlah kendala muncul, terutama soal pembebasan lahan. Makin rumit jika ternyata bukan hanya persoalan harga, tapi jalan tol itu melewati tanah terlarang seperti tanah adat atau lahan konservasi. Berikut beberapa proyek tol yang sedang ditangani namun terkendala persoalan lahan: serpong-balaraja ditolak warga pembangunan tol dengan sebutan serbaraja ini masih terkendala dengan pembebasan lahan.

Dimana warga cilenggang yang terlewati trayek tol menolak harga ganti rugi yang diberikan dari pemerintah. “iya benar minggu lalu, ada demo penolakan proyek tol serbaraja. Diprotes karena tidak semua masyarakat setuju dengan biaya ganti rugi,” kata suaep (25), warga cilenggang seperti dikutip dari cnbc indonesia , rabu (28/4/2021). Sebelumnya, anggota komisi v dpr ri, lasmi indaryani juga mengatakan ada investor dadakan yang mau mengambil keuntungan dari proyek tol serbaraja.

Sehingga proses pembebasan lahan untuk tol ini menjadi rumit. “mungkin jika hanya masyarakat yang punya tanah sekitar itu, mungkin ganti untung bisa lebih mudah, tapi jika tiba-tiba ada investor dadakan, lama-lama mereka tidak cukup mengambil untung sedikit,” jelasnya pada tanggal 18 maret 2021 lalu. Pembangunan tol serbaraja ini dalam proses sesi satu dan segera dilanjutkan ke sesi kedua dan ketiga. Hanya saja masih menunggu pembebasan lahan yang belum selesai di beberapa titik pembangunan.

Lasmi meminta percepatan penyelesaian pembangunan tol serbaraja. “pembangunan sudah molor. Tanda tangan tahun 2016 baru dilaksanakan tiga tahun kemudian, lama-lama proyek ini akan jadi proyek mangkrak, mau selesai tahun berapa?” tanya politisi partai demokrat ini. Proyek ini dipegang oleh pt trans bumi serbaraja sebagai badan usaha jalan tol (bujt) dengan nilai investasi mencapai rp 6,04 triliun.

Total panjang ruas tol mencapai 5,15 kilometer terbagi atas tiga paket pembangunan. Pembangunan tol ini ditarget selesai pada desemberi 2021 ini. Tol padang-sicincin melewati tanah adat ruas tol ini sempat dikabarkan distop oleh pt hutama karya (persero) karena ada kendala dalam pembebasan lahan. Tol padang-sicincin merupakan bagian jalan tol tarans sumatera, dari ruas tol padang sampai pekanbaru.

“pembebasan lahan masih menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, meski demikian progres yang tidak begitu signifikan ruas tol ini bukan karena pembangunan yang lambat, tapi perusahaan hanya dapat mengerjakan konstruksi tol sesuai lahan yang telah dibebaskan,” kata direktur operasi iii hutama karya, koentjoro pada 8 maret 2021 lalu. Makanya beberapa rencana alternatif mulai dipikirkan. Mulai dari pengajuan penetapan lokasi baru, relokasi trase, hingga koordinasi dengan berbagai pihak dalam pembangunan. Karena dinyatakan oleh masyarakat sekitar tanah sekitar pembangunan merupakan tanah pusaka dan produktif.

“tapi prosesnya kami mengikuti sepenuhnya keputusan yang telah ditetapkan regulator,” kata koentjoro. Dua ruas tol medan terkendala pembebasan lahan dua ruas yang mengalami hambatan dalam pembangunan yaknil medan-binjai dan binjai langsa 1. Asisten deputi bidang strategi dan kebijakan percepatan investasi kemenko marves, ferry pasaribu menjelaskan dua ruas tol ini dibutuhkan percepatan dari segi investasi. Melihat dana yang perlu dikeluarkan untuk proyek ini sangat besar, dan negara dalam kendisi terbatas.

“pembangunan tol trans sumatera ini merupakan proyek strategis nasional yang amat besar dana alokasinya. Merujuk pada situasi keuangan negara, kita harus kerja keras agar semuanya berjalan sesuai target. Banyak hal yang harus kita fokuskan ulang,” ucapnya dalam keterangan resmi, selasa (13/4/2021). Namun demikian, ia mengatakan upaya percepatan tidak bisa dijalankan secara linier.

Untuk itu pemerintah menciptakan uu cipta kerja dengan harapan dapat menciptakan kondisi iklim investasi yang kondusif. Tol jogja-solo nabrak situs lahan harta karun proyek tol jogja-solo akan melewati kompleks rumah situs wonoboyo di desa wonoboyo, kecamatan jogonalan, klaten. Lahan parkir di rumah situs berisi kisah penemuan harta karun mataram kuno dipasang patok proyek. “untuk rumah situsnya, bangunanya tidak kena, yang kena lahan parkirnya saja,” kata sekretaris desa wonoboyo, cahyoko seperti dikutip dari detikcom , rabu (7/4/2021).

Meskipun lahan parkir terlewati, tapi bangunan rumah situs berisi penemuan puluhan kilogram perhiasan dan uang emas masih aman. Lokasi lahan tempat harta karun juga masih aman. Secara keseluruhan, cahyoko menjelaskan di desanya lahan yang terkena proyek tol luasnya mencapai 3,5 hektare, mencakup 65 bidang. Sosialisasi juga sudah dilakukan sebanyak dua kali oleh pemerintah.

Hingga april 2021 tercatat panjang ruas tol yang sudah beroperasi mencapai 2.391 km terbagi dalam 62 ruas yang dikelola oleh badan usaha jalan tol (bujt). Total tersebut merupakan akumulasi dari ruas tol yang tuntas dan dioperasikan pada periode 1978-2014 sepanjang 795 km, dilanjutkan periode 2015-2019 (1.298 km), kemudian ditambah 246 km pada tahun 2020, dan 54,69 km dari januari hingga april 2021. “jumlah panjang jalan tol yang akan beroperasi masih akan terus bertambah lagi. Ditargetkan tahun 2021 sebanyak 19 ruas sepanjang 427 km yang telah dan akan tuntas, sehingga secara keseluruhan 2.764 km jalan tol akan selesai dan beroperasi di seluruh indonesia di akhir 2021,” kata staf ahli menteri pupr bidang teknologi, industri, dan lingkungan, endra s atmawidjaja.

Pada januari-april 2021 ini sudah ada 7 ruas tol yang selesai sepanjang 54,69 kilometer, yaitu: 1. Banda aceh-sigli seksi 3 (16 km) 2. Medan-binjai seksi 1a (4,22 km) 3. Bekasi-cawang-kampung melayu seksi 1a (2,69 km) 4.

Serpong-cinere seksi 1 (6,5 km) 5. Cengkareng-batu ceper-kunciran (14,2 km) 6. Kayu agung-palembang-betung seksi 1 tahap 1b (8,23 km) 7. Bogor ring road seksi 3a (2,85 km) ruas serpong-cinere dan cengkareng-batu ceper-kunciran sisanya sebanyak 14 ruas tol sepanjang 373 kilometer yang ditargetkan tuntas hingga akhir 2021, yaitu : trans sumatera (172,9 km): 1.

Jalan tol kuala tanjung-tebing tinggi-parapat seksi kuala tanjung-pematang siantar (96,5 km) 2. Sigli-banda aceh seksi 2,5, dan 6 (18,8 km) 3. Padang-pekanbaru ruas pekanbaru-bangkinang (40 km) 4. Lubuk linggau-curup-bengkulu ruas bengkulu-taba penanjung (17,6 km).

Jabodetabek (77,47 km): 1. Tol cibitung-cilincing seksi 1-4 (34,77 km) 2. Cimanggis-cibitung seksi 2 jatikarya-cibitung (23 km) 3. Bekasi-cawang-kampung melayu seksi 2a (4,9 km) 4.

6 ruas tol dki seksi a kelapa gading-pulo gebang (9,3 km), 5. Serpong-balaraja seksi 1 a(5,5 km). Lima ruas tol non trans (122,7 kilometer): 1. Cileunyi-sumedang-dawuan seksi 1,2,3, dan 6 (38,5 km) 2.

Ciawi-sukabumi seksi 2 (11,9 km) 3. Serang-panimbang seksi 1 (26,5 km) 4. Balikpapan-samarinda seksi 1 dan 5 (33,1 km) 5. Manado-bitung seksi 2b danowudu-bitung (12,7 km) proyek pelabuhan tertunda sejumlah proyek di sektor perhubungan seperti pelabuhan hingga bandara mengalami penundaan karena pandemi corona.

Hal ini dikarenakan ada refocusing anggaran untuk penanganan virus corona. Direktorat jenderal perhubungan udara kementerian perhubungan (kemenhub) melakukan refocusing anggaran 2021 dari rp 10,58 triliun menjadi rp 7,54 triliun. Sedangkan direktorat jenderal perhubungan laut kemenhub melakukan refocusing anggaran 2021 dari rp 11,35 triliun menjadi rp 8,14 triliun. Program yang terpaksa ditunda di bidang kesatuan penjagaan laut dan pantai (kplp), yakni pengadaan 19 unit kapal patroli laut jenis rigid bouyant boat (rbb).

Program itu terpaksa ditunda karena anggaran yang disiapkan rp 22,89 juta dialihkan untuk penanganan covid-19. “di bidang kepelabuhanan, ini hampir semua kegiatan baik mulai pembangunan pelabuhan baru, kemudian lanjutan pembangunan pelabuhan, rehabilitasi pengembangan dan lain-lain hampir semua kena dampak refocusing, ” kata dirjen perhubungan laut agus purnomo dalam rdp dengan komisi v dpr ri, selasa (6/4/2021). Selain ditunda, dampak dari refocusing anggaran membuat jumlah pembangunan dikurangi atau diubah dari single years contract (syc) menjadi multi years contract (myc). Bahkan pihaknya mencari sumber pendanaan lain dari penerimaan negara bukan pajak (pnbp).

“yang urgent sekali tetap kami laksanakan. Sedangkan yang tidak, kami tunda tahun depan,” jelasnya. Berikut daftar pembangunan infrastruktur di sektor laut yang terdampak refocusing : 1. Pembangunan pelabuhan baru, lanjutan pembangunan/penyelesaian faspel/kdp dari 28 lokasi menjadi hanya 10 lokasi.

2. Pembangunan dan rehabilitasi gedung pelayanan ditjen perhubungan laut dari 85 lokasi menjadi hanya 75 lokasi. 3. Pembangunan dan rehabilitasi sarana bantu navigasi pelayaran (menara suar, rambu suar, dan pelampung suar) dari 77 unit menjadi hanya 32 unit.

4. Pembangunan dan rehabilitasi telekomunikasi pelayaran dari 19 paket menjadi 10 paket. 5. Pembangunan kapal patroli dari 65 unit menjadi 35 unit.

Daftar pembangunan infrastruktur di sektor udara yang terdampak refocusing : 1. Pengadaan fasilitas pelayanan darurat penerbangan dari 5 lokasi menjadi 4 lokasi. 2. Peningkatan kapasitas dan perbaikan permukaan runway dari 43 lokasi menjadi 28 lokasi.


Baca Juga

0  Komentar