Rangkuman Covid: Klaster Covid hingga Potensi 18 Juta Pemudik

CNN Indonesia - Peristiwa   Rabu, 5 Mei 2021

img

Rangkuman covid: klaster covid hingga potensi 18 juta pemudik update corona 5 mei 1. Rangkuman covid: klaster covid hingga potensi 18 juta pemudik 2. Update data kasus covid-19 jakarta, cnn indonesia -- pandemi virus corona (covid-19) telah menjangkit indonesia kurang lebih 15 bulan terakhir. Tercatat, 1,6 juta warga terpapar pandemi ini hingga menyebabkan angka kematian mencapai 46 ribu jiwa.

Dalam rentang waktu itu, tercatat terjadi beberapa kali lonjakan kasus yang terjadi setelah libur panjang. Dengan temuan itu, pemerintah lantas menilai bahwa mobilitas warga menjadi salah satu faktor utama meningkatnya sebaran kasus covid-19 di tanah air, sehingga pemerintah memberlakukan larangan mudik selama periode 6-17 mei 2021. Tak hanya potensi peningkatan kasus menjelang mudik lebaran. Kini, klaster-klaster penularan baru mulai kembali muncul di permukaan, seperti teranyar klaster tradisi munggahan di kabupaten tangerang hingga klaster pernikahan di kalimantan barat.

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } sementara itu, di tengah situasi krisis kesehatan ini, pemerintah juga menggenjot program vaksinasi yang telah berlangsung selama kurang lebih tiga bulan terakhir. Salah satu upaya itu dilakukan guna mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus. Untuk itu, cnnindonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut. Klaster pernikahan di kalimantan barat sebanyak 112 warga kecamatan sekadau hilir, kabupaten sekadau, kalimantan barat dinyatakan terinfeksi virus corona (sars-cov-2) buntut dari acara pernikahan yang digelar warga setempat di sebuah barak perkebunan kelapa sawit di desa tapang semadak pada april lalu.

Dari jumlah itu, tiga orang di antaranya meninggal dunia. Kepala dinas kesehatan kabupaten sekadau, henry alpius menyebut temuan ratusan warga terinfeksi covid-19 itu didapat dari penelusuran kontak di tiga desa, yakni desa tapang semadak, merapi, dan engkersik. Klaster munggahan tangerang terus bertambah satuan tugas (satgas) penanganan covid-19 kabupaten tangerang mencatat penambahan jumlah kasus positif pada klaster munggahan hingga mencapai 108 kasus. Dari jumlah tersebut, 37 orang diantaranya dinyatakan sembuh.

Klaster munggahan bermula dari puluhan warga rw 28 perumahan dasana indah, kelurahan bojong nangka, kecamatan kelapa dua, kabupaten tangerang dinyatakan terpapar virus corona (covid-19) usai menjalani tradisi munggahan di daerah bogor, jawa barat, pada sabtu (10/4) lalu. Munggahan merupakan tradisi masyarakat islam di beberapa daerah dalam menyambut bulan ramadan yang dilakukan pada akhir bulan sya'ban. 18 juta orang ri diprediksi nekat mudik menteri perhubungan (menhub) budi karya sumadi mengatakan 18 juta orang mengaku tetap akan mudik lebaran meski sudah ada larangan dari pemerintah. Informasi tersebut berdasarkan hasil survei yang dihimpun oleh kementerian perhubungan.

Survei dilakukan untuk skema tanpa larangan mudik dan setelah ada larangan mudik. Tujuannya, untuk mengetahui jumlah masyarakat yang hendak pulang kampung. H-1 larangan mudik 5 ribu orang masuk jateng gubernur jawa tengah ganjar pranowo menyebut menjelang pemberlakuan larangan mudik atau h-1, pemerintah provinsi jawa tengah mencatat sudah ada sekitar 5.000 pemudik yang terpantau pulang ke wilayah itu dengan menggunakan moda transportasi yang berbeda-beda. Untuk itu, ganjar pun meminta seluruh kepala daerah di wilayahnya untuk melakukan pengawasan kedatangan atau keluar masuk warga pemudik lewat aparat desa seperti lurah, rw dan rt.

Ribuan santri di jatim sudah pulang sebelum larangan mudik sejumlah pondok pesantren di jawa timur telah memulangkan ribuan santrinya sebelum kebijakan larangan mudik lebaran resmi berlaku selama periode 6-17 mei 2021. Salah satunya adalah pondok pesantren mambaul ma'arif denanyar, jombang, jatim. Sebanyak 2.500 santri telah pulang ke kampung halamannya masing-masing di berbagai daerah. Berlanjut ke halaman berikutnya...


Baca Juga

0  Komentar