Sandiaga Uno Sebut Oksigen Bukan Langka tapi Terbatas, Rachland: Euphemisme Orba

Makassar Terkini   Kamis, 8 Juli 2021

img

Sandiaga uno sebut oksigen bukan langka tapi terbatas, rachland: euphemisme orba terkini.id, jakarta – politisi partai demokrat, rachland nashidik mengkritik pernyataan sandiaga uno bahwa ketersediaan oksigen bukan langka tapi terbatas. Rachland menilai bahwa sandiaga uno hanya memperhalus kata ‘kelangkaan’ menjadi ‘keterbatasan’. Padahal, menurutnya, keterbatasan oksigen juga pada akhirnya berarti langka bagi yang tidak msndapat bagian. “karena terbatas, korban yang bisa dapat tabung oksigen juga terbatas,” katanya melalui akun twitter rachlannashidik pada kamis, 8 juli 2021.

“bagi yang tidak kebagian, tabung oksigen tidak tersedia atau langka,” lanjutnya. Racland pun membandingkan penghalusan kata itu dengan eufemisme zaman orde baru. “ini kok kosa kata politik kita makin menjiplak euphemisme orba? masih ingat bukan ‘ditangkap’ tapi ‘diamankan?’,” katanya. Sebelumnya, sandiaga uno ikut berbicara soal tingginya permintaan oksigen untuk kebutuhan medis di tengah melonjaknya angka harian kasus covid-19.

Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif itu menyatakan bahwa kabar kelangkaan hingga penimbunan oksigen tidak benar. “bukan terjadi kelangkaan, tapi keterbatasan yang bisa dipetakan pada tiga lini yang harus kita perhatikan secara bersama-sama,” ujar sandiaga uno pada kamis, 8 juli 2021, dilansir dari tempo. Pernyataan itu ia sampaikan setelah berdiskusi dengan pt aneka gas industri yang dilaksanakan secara daring pada rabu petang, 7 juli 2021. Menurut sandiaga, aneka gas industri menyebut bahwa jumlah produksi oksigen kini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan secara nasional.

Hal itu dimungkinkan karena oksigen industri telah dialihkan untuk kebutuhan oksigen medis. Lebih lanjut, sandiaga mengungkapkan bahwa kementeriannya akan memberi dukungan tambahan untuk menjamin kelancaran distribusi oksigen. Kementerian mendorong tersedianya lahan penyimpanan tabung oksigen di sejumlah destinasi wisata maupun sentra ekonomi kreatif. Menurutnya, lahan penyimpanan tersebut akan berada dekat dengan fasilitas kesehatan sehingga proses distribusi tabung oksigen dapat berjalan dengan optimal.

Selain itu, sandiaga akan memastikan hotel-hotel yang dibuka sebagai tempat isolasi mandiri akan tersuplai tabung oksigen. Selanjutnya, kemparegraf akan ikut mengidentifikasi data pengumpulan tabung oksigen yang belum terdistribusi. Dalam proses identifikasi tersebut, sandiaga akan berkolaborasi dengan pelaku ekonomi kreatif di seluruh indonesia. “mereka yang kini tengah ‘berhibernasi’ itu dapat diberdayakan untuk membantu penyaluran tabung-tabung oksigen yang kosong, sehingga dapat diisi kembali,” katanya..


Baca Juga

0  Komentar