Sebut Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021 Gara-gara Sinovac, DPR Desak Jokowi Turun Tangan

Pikiran Rakyat   Selasa, 1 Juni 2021

img

Sebut indonesia tak dapat kuota haji 2021 gara-gara sinovac, dpr desak jokowi turun tangan pikiran rakyat – saat ini indonesia tengah dibuat ketar-ketir lantaran beredar kabar bahwa tidak mendapatkan jatah untuk ibadah haji 2021. Hal tersebut dikarenakan pemerintah arab saudi melarang jemaah calon haji masuk ke negaranya bila vaksinnya tidak memiliki sertifikat dari who. Pasalnya, hingga saat ini vaksin sinovac yang banyak digunakan di indonesia ternyata belum disertifikasi oleh who. Sebagai syarat jemaah haji dan umroh yang telah disetujui who, otoritas arab saudi menetapkan sejumlah vaksin covid-19 yang diperbolehkan, setidaknya ada tiga jenis vaksin di antaranya pfizer, moderna, dan astrazeneca.

Oleh karenanya, pemerintah indonesia tengah mengajukan vaksin sinovac untuk diperbolehkan sebagai syarat jemaah haji ke arab saudi. Menanggapi hal tersebut, achmad selaku anggota komisi viii dpr meminta presiden jokowi agar turun tangan langsung dalam urusan haji di masa pandemi covid-19 ini. Tidak hanya mendesak terkait masalah kuota haji, vaksin calon haji indonesia hingga kini masih dipersoalkan. "vaksin yang digunakan negara kita adalah sinovac.

Sementara yang diakui arab saudi adalah vaksin pfizer, astrazeneca, dan moderna. Pemerintah indonesia agar mendesak negara produsen sinovac untuk mengurus sertifikasinya ke who. Kalau who sudah memberi sertifikat otomatis akan diakui pemerintah arab saudi," ujar achmad, senin 31 mei 2021. Editor: gita pratiwi.


Baca Juga

0  Komentar