Sejarah Sepakbola Hingga Jadi Olahraga Populer di Dunia

Suara   Jumat, 2 Juli 2021

img

Sejarah sepakbola hingga jadi olahraga populer di dunia suara.com - dibalik kemeriahannya kini, sepak bola memiliki cerita yang cukup panjang dan berliku. Berikut sejarah yang mengiringi perkembangan sepakbola dunia. Permainan sepakbola yang dikenal saat ini sudah lebih dahulu populer di inggris pada abad ke-19. Olahraga ini banyak dimainkan di desa maupun di kota kota di inggris tetapi dengan peraturan yang berbeda-beda, tak seperti sekarang yang telah memiliki aturan baku di bawah naungan fifa.

Namun, merujuk catatan sejarah, inggris bukan satu-satunya negara yang punya andil mempopulerkan sepakbola. Ada peradaban lain yang turut melakukannya. Dilansir dari buku berjudul "sepak bola (2019)" yang ditulis oleh ina hasanah, sepakbola ternyata sudah dikenal antara tahun 255-260 sebelum masehi. Di daratan asia, olahraga serupa sepakbola ditemukan di wilayah china.

Di sana olahraga tersebut disebut cuju. Cu berarti menendang sementara ju berarti pola kulit. Sesuai dengan makna namanya, bola dalam permainan ini memang terbuat dari kulit binatang yang diisi rambut. Gawang yang digunakan pun terbuat dari jaring yang dipasang pada dua buah bambu.

Kala itu cuju dimainkan sebagai olahraga militer di kota lin zi untuk melatih fisik para tentara. Peradaban romawi kuno ternyata juga telah mengenal olahraga sepakbola. Olahraga ini juga digunakan sebagai salah satu latihan kemiliteran. Bahkan konon orang-orang roma lah yang membawa sepakbola ke inggris.


Baca Juga

0  Komentar