Studi: Vaksin Covid-19 Ampuh 69 Persen Lawan Varian Delta

CNN Indonesia - Teknologi Sains   Kamis, 8 Juli 2021

img

Studi: vaksin covid-19 ampuh 69 persen lawan varian delta jakarta, cnn indonesia -- vaksin covid-19 diklaim sekitar 69 persen ampuh melawan infeksi virus sars-cov-2 varian delta dalam studi terbaru dilakukan di singapura. Pusat nasional untuk penyakit menular singapura (ncid) dan kementerian kesehatan singapura menunjukkan bukti perlindungan vaksin dan mencegah penyakit covid-19 bergejala hingga 80 sampai 90 persen. "efektivitas vaksinasi terhadap penyakit covid-19 yang parah, membutuhkan suplementasi oksigen, perawatan icu (unit perawatan intensif) atau kematian, mencapai 93 persen," kata menteri kesehatan ong ye kung, dikutip dari channel news asia, kamis (8/7). Ncdi dan kementerian kesehatan menjelaskan studi berdasarkan kasus di 1.000 rumah periode september 2020 hingga mei 2021.

"temuan ini akan disampaikan untuk publikasi internasional, dan merupakan kontribusi singapura untuk pemahaman varian delta dan vaksin," kata menkes ong ye kung. Sementara itu, di antara kasus lokal yang dilaporkan sejak 11 april 2021, hanya sekitar 1 persen dari mereka yang divaksinasi membutuhkan oksigen, dan tidak ada satu pun yang dirawat di di ruangan perawatan intensif (icu). "dibandingkan dengan kasus yang tidak divaksinasi yang menimbulkan penyakit parah, persentasenya adalah 10 persen," kata ong. Direktur layanan medis depkes singapura kenneth mak mengatakan pengalaman mereka dengan infeksi virus corona sars-cov-2, terutama dengan varian delta, mereka yang divaksinasi memiliki gejala ringan atau tanpa gejala.

"oleh karena itu, masuk akal untuk mengharapkan bahwa dalam kelompok yang divaksinasi, kemungkinan mendapatkan hasil yang sangat baik sangat tinggi," ujar kenneth mak. Sekitar dua pertiga penduduk singapura kini telah menerima dosis pertama vaksin covid-19. Setidaknya setengah dari populasi ditargetkan selesai mendapat vaksin kedua pada akhir juli. "dalam beberapa hari mendatang, atau satu atau dua minggu, kami akan menyelesaikan dosis pertama kami, yang berarti tujuan kami untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, tujuan itu akan tercapai," ucap ong.

Vaksin di singapura berdasarkan usia menteri kesehatan ong ye kung memaparkan hingga saat ini, 39 persen populasi singapura telah mendapat vaksin kedua di bawah program vaksinasi nasional. Ada pun yang menerima vaksin pfizer-biontech/comirnaty dan moderna, sekitar 5,9 juta dosis. Sekitar 2,1 juta orang atau sekitar 39 persen dari populasi singapura telah menerima dua dosis. Rata-rata, singapura memvaksinasi sekitar 76 ribu orang per hari.


Baca Juga

0  Komentar