Menyoal Chip Semikonduktor yang Bikin Pusing Otomotif Dunia

CNN Indonesia - Otomotif   Rabu, 19 Mei 2021

img

Menyoal chip semikonduktor yang bikin pusing otomotif dunia edukasi & fitur 1. Menyoal chip semikonduktor yang bikin pusing otomotif dunia 2. Siapa saja yang bermasalah? jakarta, cnn indonesia -- otomotif dunia kini sedang dilanda masalah kekurangan pasokan chip semikonduktor, perangkat keping kecil berisi rangkaian elektronik, yang dibutuhkan untuk memproduksi berbagai jenis mobil. Kekurangan barang sekecil ini berpotensi membuat produsen mobil merugi hingga triliunan rupiah.

Latar belakang kelangkaan cip yang dibuat dari bahan semikonduktor dimulai saat industri otomotif disapu ombak pandemi covid-19. Pabrik mobil terpaksa ditutup, entah karena diminta pemerintah, tindakan pencegahan penularan di kalangan pekerja, atau penyelamatan diri karena pembeli mobil berkurang drastis. Saat permintaan mobil berkurang, pembelian laptop, konsol gim, dan produk elektronik lainnya mencuat didorong gaya hidup baru masyarakat yang butuh hiburan saat menghabiskan waktu lebih banyak di rumah karena isolasi pandemi. Pergerakan pembelian ini yang membuat chip untuk otomotif menjadi langka.

Menurut reuters, kelangkaan juga diperparah sanksi amerika serikat kepada perusahaan teknologi china. Kelangkaan ini awalnya terkonsentrasi di industri otomotif, namun belakangan menyebar ke berbagai produsen, termasuk ponsel, lemari es, dan microwave. Kelangkaan membuat banyak produsen panik dan melakukan pembelian besar untuk stok. Kekurangan ini kemudian menekan kapasitas produksi dan menaikkan biaya bahkan buat komponen chip termurah yang akhirnya bikin mahal produk akhir.

Apa itu semikonduktor dan chip? sebelum memahami tentang semikonduktor, anda mesti mengerti dulu tentang konduktor, yaitu benda penghantar arus listrik dan insulator, artinya benda yang tidak menghantarkan listrik. Semikonduktor adalah benda yang yang dapat menjadi konduktor atau insulator tergantung lingkungan di sekitarnya. Kemampuan semikonduktor seperti itu yang membuatnya tepat digunakan untuk pembuatan peralatan elektronik seperti chip. Mobil modern saat ini sangat tergantung pada chip, yang digunakan mulai dari hal kecil misalnya pada sensor sabuk pengaman hingga sistem komputer mesin untuk membuatnya bisa lebih irit sampai atau fitur-fitur bantuan mengemudi seperti pengereman darurat atau cruise control.

Ketergantungan pada chip juga semakin tinggi sebab sebagian besar arah pengembangan mobil saat ini mengarah ke pemakaian lebih banyak sistem komputer dan sensor. Menurut data ihs markit yang diolah reuters, kelangkaan chip dapat mempengaruhi total 1,3 juta unit produksi kendaraan ringan pada kuartal pertama. Ihs menjelaskan kebakaran di pabrik chip di jepang, yang terhitung sebagai pemasok 30 persen unit microcontroller untuk mobil di seluruh dunia, memperparah situasi. Musim dingin yang parah di texas juga memaksa samsung electronics co ltd, nxp semiconductors, dan infineon menutup sementara pabrik mereka.


Baca Juga

0  Komentar