45 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-UEA: Investor Utama Terbesar Hingga Komitmen Atasi Masalah Global

Islam Today   Rabu, 21 April 2021

img

45 tahun hubungan diplomatik indonesia-uea: investor utama terbesar hingga komitmen atasi masalah global (islamtoday id) – hubungan diplomatik bilateral antara indonesia dan uni emirat arab (uea) sudah memasuki usia 45 tahun. Sebagai peringatan hubungan itu, kedutaan besar (kedubes) uea di jakarta bersama dewan investor internasional uea memulai kampanye komunikasi pemasaran untuk mempromosikan hubungan ekonomi dan investasi bilateral kedua negara, senin (19/4/2021) beberapa menteri dan pejabat dari uea dan indonesia ikut berpartisipasi dalam kampanye komunikasi itu. Dari uea adalah menteri luar negeri dan kerja sama internasional sheikh abdullah bin zayed al nahyan, menteri energi dan infrastruktur suhail mohamed al mazrouei, menteri perindustrian dan teknologi maju sultan ahmed al jaber, menteri negara ahmed bin ali al sayegh, menteri perubahan iklim dan lingkungan abdullah bin mohammed belhaif al nuaimi, dan sejumlah pejabat uea lainnya. Adapun menteri dari indonesia yang ikut serta dalam kampanye ini, antara lain menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi luhut b pandjaitan, menteri koordinator bidang perekonomian airlangga hartarto, menteri luar negeri retno marsudi, menteri keuangan sri mulyani, menteri bumn erick thohir, menteri energi dan sumber daya mineral arifin tasrif, menteri perdagangan m lutfi, menteri agama yaqut cholil qoumas, menteri kesehatan budi gunadi sadikin, serta sejumlah pejabat tinggi dari pemerintah pusat maupun daerah.

Dubes uea untuk indonesia abdulla salem obaid al dhaheri mengatakan tujuan dasar dari kampanye ini adalah untuk menampilkan pencapaian dan kemajuan besar yang telah dilakukan selama 45 tahun hubungan persahabatan bilateral antara uea dan indonesia, di mana kedua negara telah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1976. “hubungan bilateral uea-indonesia saat ini terus meningkat ke level yang lebih tinggi dari sebelumnya, di mana hal itu mencakup politik, diplomasi, ekonomi, perdagangan, dan budaya,” katanya seperti dikutip dari sindo news. Uea adalah mitra investasi strategis bagi indonesia yang menjadi investor utama terbesar dalam lembaga pengelola investasi (lpi) hingga saat ini, setelah diumumkannya rencana investasi sebesar 10 miliar dolar as sesuai dengan arahan putra mahkota abu dhabi sheikh mohamed bin zayed al nahyan. Investasi uea rencananya akan digunakan untuk membiayai proyek infrastruktur, termasuk jalan dan pelabuhan, pariwisata, pertanian, dan sektor strategis lainnya.

16 poin kesepakatan kerja sama sebelumnya, pada tahun 2020, indonesia-uea sudah menandatangani kesepakatan kerja sama. Rincian perjanjian kerja sama tersebut terdiri atas lima perjanjian antar pemerintah di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme. Selain itu, terdapat pula 11 perjanjian bisnis antara lain di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi sebesar 22,89 miliar dolar as atau sekitar rp 314,9 triliun. Lima kerja sama antara pemerintah atau g to g, pertama mou antara menteri agama ri dengan general authority of islamic affairs and endowments of the united arab emirates terkait kerja sama di bidang urusan agama islam dan wakaf.

Kedua, mou antara menteri pendidikan dan kebudayaan ri dengan menteri pendidikan uea terkait kerja sama di bidang pendidikan. Ketiga, mou antara menteri pertanian ri dan menteri perubahan iklim dan lingkungan uea terkait kerja sama di bidang pertanian dan diversifikasi pangan. Keempat, mou antara menteri kesehatan ri dengan menteri kesehatan dan pencegahan uea terkait kerja sama kesehatan. Kelima, mou antara bnpt dan national intelligence service of united arab emirates terkait kerja sama konter terorisme.

Sementara, kerja sama antara pelaku usaha atau b to b, indonesia dan uea sepakat bekerja sama dalam proyek senilai 22,89 miliar dolar as, dimana uea akan berpartisipasi berkisar 30 persen di antaranya atau sekitar 6,8 miliar dolar as. Tercatat ada sekitar 11 kerja sama yang ditandatangani dan disaksikan langsung baik oleh presiden jokowi maupun putra mahkota uea mohammed bin zayed. Kerja sama yang dimaksud adalah pertama, power purchase agreement (ppa) antara konsorsium pt pjb investasi (pt pjbi dan masdar) dan pt pln (persero) dalam “floating solar pv pp 145 mwac“ di danau cirata, jawa barat senilai 129 juta dolar as. Kedua, refinery investment principle agreement (ripa) antara mubadala investment company dan pt pertamina (persero) untuk melanjutkan negosiasi dalam seleksi kemitraan setara untuk pt kilang pertamina balikpapan (kpb) – rdmp ru v senilai 5,5 miliar dolar as.

Ketiga, kontrak penyediaan lpg antara abu dhabi national oil company (adnoc) and pt pertamina senilai 270 juta dolar as. Keempat, project execution agreement – gresik container terminal antara dp world dan pt pelabuhan indonesia maspion senilai 1,2 miliar dolar as. Kelima, amandemen mou antara emirates global aluminium (ega) dan pt indonesia asahan aluminium (inalum) senilai 71 juta dolar as. Keenam, mou terkait “evaluate a potential crude to petrochemical complex project at balongan” antara abu dhabi national oil company (adnoc) dan pt pertamina (persero) dalam hal proyek balongan di jawa barat senilai 12,6 miliar dolar as.

Ketujuh, long term naphta supply contract antara adnoc dan pt chandra asri petrochemical tbk senilai 3 miliar dolar as. Kedelapan, mou antara saal operating system – sole proprietorship llc (saal.ai) dan pt telekomunikasi indonesia tbk (telkom) dalam hal implementasi pendidikan digital untuk k-12 di indonesia senilai 23,5 juta dolar. Kesembilan, mou & non-disclosure agreement (nda) antara pt rajawali nusantara indonesia (persero) (rni) dan tw container services ltd (twcs) bertajuk “development of a custom bounded third party logistics park, dry port and inland container depot” di subang, jawa barat, senilai 100 juta dolar as. Kesepuluh, mou antara elite agro llc, uae dan indonesian agency for agricultural research and development (iaard), kementerian pertanian ri terkait “research and development collaboration for agricultural crops commercialization” di lembang, jawa barat.

Kesebelas, letter of intent (loi) antara pemprov jawa barat dan lulu group international terkait optimalisasi penyerapan tenaga kerja di jawa barat melalui empowerment dan program capacity building. Kedekatan kedua kepala negara menteri luar negeri (menlu) retno marsudi mengatakan hubungan kerja sama bilateral dengan uea tengah diuji di tengah pandemi covid-19. Namun, menurutnya, indonesia tetap berkomitmen meningkatkan kemitraan lantaran punya nilai-nilai yang sama. Retno mengatakan hubungan erat kedua negara diuji terus menerus seiring dengan krisis global seperti pandemi covid-19 saat ini, perubahan iklim, ketahanan pangan, dan pembangunan berkelanjutan.

“kedua negara kita memiliki nilai yang sama: toleransi, moderasi, energi berkelanjutan, dan pembangunan. Kami juga berkomitmen untuk terus bekerja sama demi kemajuan kedua negara,” katanya dalam pernyataan yang diunggah lewat akun twitter-nya, senin (19/4/2021), seperti dikutip dari bisnis.com. Retno juga menekankan hubungan kedua negara tidak hanya sebatas kerja sama bilateral, tetapi juga komitmen dalam berkontribusi mengatasi masalah global serta menjaga dan menjunjung perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di wilayah masing-masing. Hubungan erat antara indonesia dan uea juga tercermin dari kedekatan antara kepala negara.

Kedekatan tersebut tercermin dari nama presiden jokowi yang diabadikan di salah satu ruas jalan utama di abu dhabi pada oktober 2020 yang lalu. Membalas hal tersebut, presiden jokowi menamai jalan tol layang jakarta cikampek atau jakarta cikampek ii elavated dengan nama putra mahkota abu dhabi sheikh mohammed bin zayed sebagai penghargaan peran kemanusiannya dan kontribusinya terhadap bangsa arab dan islam. Dengan hubungan yang baik, indonesia secara aktif menawarkan peluang investasi di berbagai sektor seperti infrastruktur, agrikultur, dan pariwisata. Hal tersebut disaambut positif oleh pemerintah uea.

Salah satu rencana investasi yang tengah dijajaki saat ini adalah pembangunan fasilitas vaksin covid-19 di indonesia. Sebelumnya, dubes ri untuk uea husin bagis menyampaikan bahwa uea lebih tepatnya tertarik menjadi distributor di indonesia untuk vaksin milik sinopharm (china). “mereka uangnya banyak. Mereka lagi mesra-mesranya dengan kita.

Tantangannya adalah bagaimana mengoptimalkan kesempatan ini untuk keuntungan indonesia,” ujarnya. Perlu diketahui, uea telah memiliki fasilitas produksi vaksin covid-19 di ras al-khaimah yang diberi nama al-hayat yang berarti kehidupan. Manufaktur vaksin tersebut juga bekerja sama dengan bumn china sinopharm. [wip].


Baca Juga

0  Komentar