54 Kasus dari 3 Varian Corona yang Diwaspadai Dunia Ada di RI

CNN Indonesia - Peristiwa   Minggu, 23 Mei 2021

img

54 kasus dari 3 varian corona yang diwaspadai dunia ada di ri jakarta, cnn indonesia -- kementerian kesehatan mengungkapkan sejauh ini indonesia sudah mencatat ada 54 kasus dari tiga mutasi virus sars-cov-2 yang tergolong 'variant of concern (voc)' atau varian yang diwaspadai dunia. Kepala pustlitbang biomedis dan teknologi dasar kesehatan kemenkes vivi setiawaty mengatakan temuan itu didapatkan dari hasil pemeriksaan pencarian strain virus baru whole genome sequence (wgs) secara berkala. Data terakhir per 21 mei, kemenkes sudah memeriksa 1.749 spesimen baik wna maupun wni. "total kasus voc sampai dengan saat ini adalah 54 kasus, di mana 18 kasus b117, 4 kasus b1351 dan 32 kasus b1617," kata vivi dalam rapat koordinasi daring yang disiarkan melalui kanal youtube pusdalops bnpb, minggu (23/5).

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } voc merupakan varian yang memiliki mutasi yang mempengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem imunitas. Hanya saja masih sedikit bukti sehingga perlu penelitian lebih lanjut. Sejauh ini badan kesehatan dunia (who) baru menetapkan ada empat varian yang masuk dalam kategori ini yaitu b117 dari inggris, b1351 dari afrika selatan, b1617 dari india dan p1 dari brasil. Lebih lanjut, vivi mengatakan dari 54 kasus varian yang ditemukan, 35 di antaranya merupakan 'imported case' atau kasus dengan riwayat perjalanan luar negeri, lalu 17 kasus lainnya merupakan kasus penularan lokal, sementara dua kasus lainnya tak ia rinci.

Adapun rincian untuk 35 kasus imported case lebih banyak didominasi wna. Untuk kasus b117 varian asal inggris ada empat kasus yang datang dari pekerja migran indonesia (pmi) arab saudi, yakni 2 pmi asal karawang, jawa barat; 1 pmi asal balikpapan, kalimantan timur; dan 1 pmi asal tangerang, banten. Kemudian 1 pmi ghana asal bogor, jawa barat; 1 tni dari kongo asal mojokerto, jawa timur; 1 wna taiwan masuk via jakarta; 1 wna india masuk dari dumai; dan 1 pmi dari malaysia asal kabupaten bangkalan yang masuk via surabaya. Selanjutnya untuk varian b1617 asal india, kemenkes mencatat tambahan kasus dari 1 wna singapura yang masuk via jakarta; 1 wna india masuk via jakarta; 13 wna masuk via cilacap, jawa tengah; 3 wna masuk via samarinda, 5 wna masuk via jakarta; dan 1 pmi malaysia asal medan yang masuk via jakarta.

Sementara imported case untuk varian b1351 asal afrika selatan ditemukan dari 1 pmi malaysia asal kabupaten jember yang masuk via surabaya. Lalu beralih pada 17 kasus penularan lokal, untuk varian b117 kemenkes mencatat masing-masing satu kasus dari palembang, sumatera selatan; tapin, kalimantan selatan; medan, sumatera utara; tanjung balai, sumatera utara; denpasar, bali; dan dua kasus dari karawang, jawa barat. Untuk varian b1351, kemenkes mencatat ada dua kasus penularan lokal yang teridentifikasi satu kasus di badung, bali dan satu kasus di dki jakarta. Terakhir, penularan lokal untuk varian asal india b1617, kemenkes mencatat masing-masing satu kasus di prabumulih, sumatera selatan; penukal abab lematang ilir, sumatera selatan; dki jakarta; dan gunung mas, kalimantan tengah.


Baca Juga

0  Komentar