Aladin Jawara Top Gainers, Saat Saham Lo Kheng Hong Nyungsep

Cnbcindonesia-market   Rabu, 14 April 2021

img

Aladin jawara top gainers, saat saham lo kheng hong nyungsep jakarta, cnbc indonesia - saham bank pt bank net indonesia syariah (bank), yang akan berganti nama menjadi bank aladin syariah, berhasil masuk di jajaran top gainers sepanjang sesi i hari ini, rabu (14/4/2021). Sementara itu, saham emiten jasa keuangan yang beberapa hari lalu diborong investor kondang lo kheng hong (lkh), pt clipan finance indonesia tbk (cfin), kembali anjlok siang ini hingga menyentuh batas auto rejection bawah (arb). Indeks harga saham gabungan (ihsg) berhasil rebound dan kembali ke level 6.000 hari ini, setelah tiga hari beruntun tersungkur di zona merah. Ihsg mencuat 1,45% ke posisi 6.013,30 pada penutupan sesi i perdagangan, rabu (14/3).

Menurut data bei, ada 302 saham naik, 171 saham merosot dan 150 saham stagnan, dengan nilai transaksi mencapai rp 5,01 triliun dan volume perdagangan mencapai 8,94 miliar saham. Bersamaan dengan terdongkraknya ihsg, investor asing pasar saham masuk ke bursa tanah air dengan catatan beli bersih asing mencapai rp 111,89 miliar di pasar reguler. Sementara, asing mencatatkan jual bersih di pasar negosiasi dan pasar tunai sebesar rp 30,37 miliar. Berikut 5 saham top gainers dan losers sesi i hari ini (14/4).

Menurut daftar di atas, saham e miten pembangkit listrik mpow berhasil menduduki peringkat pertama top gainers pada sesi i siang ini. Mpow melesat 28,18% ke rp 141/saham dengan nilai transaksi rp 13,4 miliar. Dengan ini, saham mpow melanjutkan penguatan sejak dua hari sebelumnya, atau sejak senin (12/4). Alhasil, dalam sepekan mpow sudah melesat 42,42%, sementara dalam sebulan sudah terbang 182%.

Di posisi kedua ada saham bank yang melejit 12,17% ke rp 3.780/saham dengan nilai transaksi rp 228 miliar. Semenjak suspensi dibuka kembali oleh otoritas bursa pada 6 april lalu, bank terus melaju di zona hijau sejak 7 april atau selama enam hari beruntun. Dengan kata lain, saham emiten yang akan berganti nama menjadi bank aladin syariah ini hanya memerah sekali sejak gembok dibuka, yakni pada 6 april 2021. Informasi saja, bei sebelumnya menghentikan perdagangan sementara saham bank sejak 16 maret sampai 6 april 2021.

Suspensi dilakukan lantaran terjadinya kenaikan harga yang signifikan pada saham emiten yang melantai pada 1 februari lalu ini. Dalam sepekan saham bank sudah melonjak 40%, adapun dalam sebulan sudah melejit 42,64%. Sebelumnya, rapat umum pemegang saham luar biasa (rupslb) pt bank net indonesia syariah tbk (bank) yang diadakan pada rabu (7/4) resmi menyetujui perubahan nama bank menjadi bank aladin syariah (pt bank aladin syariah tbk). Perubahan nama tersebut akan efektif setelah memperoleh persetujuan dari instansi yang berwenang.

"kami melihat aladin sebagai brand yang memenuhi kriteria ramah di telinga publik, mudah diingat, memiliki asosiasi yang positif namun tidak eksklusif bagi kalangan tertentu saja," kata dyota marsudi, presiden direktur bank aladin syariah yang baru, dalam keterangannya, jumat (9/4/2021). Dengan pergantian ini, maka sudah dua kali nama perusahaan berubah. Pertama dari pt bank maybank syariah menjadi pt bank net syariah indonesia. Bank aladin syariah masih akan melanjutkan pengenalan nama, logo berikut tagline baru dalam acara peluncuran di beberapa bulan ke depan.

Langkah ini menjadi salah satu upaya untuk lebih mendekatkan citra baru perseroan kepada nasabah dan masyarakat. Berbeda dengan mpow dan bank, saham emiten jasa finansial cfin kembali ambles di atas 6% hari ini. Cfin tersungkur di posisi satu top losers setelah arb 6,88% ke rp 298/saham. Kemarin (13/4), saham cfin anjlok 6,43% ke rp 320/saham.

Anjloknya saham cfin terjadi setelah kenaikan 6,88% pada senin (12/3). Pada hari itu, cfin menempati peringkat lima top gainers setelah adanya kabar bahwa investor kondang lo kheng hong diketahui memiliki lebih dari 5% saham tersebut. Berdasarkan daftar pemegang efek di ksei per 9 april 2021, pria yang mendapat julukan warren buffett indonesia ini memiliki 204.491.000 unit saham cfin atau setara 5,13% kepemilikan. Hal ini diakui oleh lo, sapaan akrabnya, kepada cnbc indonesia.

Ia mulai membeli saham cfin mulai tahun lalu. "saya mulai membeli saham clipan finance sejak tahun lalu. Saya membeli saham clipan finance karena murah sekali, diperdagangkan di price to book value 0,15 kali pada waktu itu," kata lo kepada cnbc indonesia, senin (12/4). Menurut lo, selain valuasi harga saham cfin murah, perusahaan pembiayaan ini juga didukung oleh induk perusahaannya pt bank pan indonesia tbk (pnbn).

Lkh diketahui kembali menambah sahamnya, karena berdasarkan data ksei pada 12 april 2021, lkh menguasai 5,15% saham cfin atau 205.376.800 saham. Selain cfin, emiten jasa transportasi barang, truk, kembali menjadi 'pecundang hari ini. Saham truk ambles 6,43% ke rp 131/saham. Dengan ini saham truk sudah ambles sampai di atas 6% selama 7 hari beruntun, dengan enam di antaranya menyentuh arb.


Baca Juga

0  Komentar