Angka Kasus Covid-19 Diperkirakan Melonjak Pasca-Libur Lebaran

Koran Tempo   Minggu, 16 Mei 2021

img

Angka kasus covid-19 diperkirakan melonjak pasca-libur lebaran jakarta – video-video pendek kerumunan di tempat wisata, seperti di pantai, kebun binatang, dan area publik lainnya, berseliweran di dunia maya saat libur lebaran 1442 hijriah. Mayoritas masyarakat yang pelesir dan pengelola tempat wisata mengabaikan protokol kesehatan. Padahal saat ini dunia masih dalam kondisi pandemi coronavirus disease 2019 (covid-19). Kondisi ini dikhawatirkan bakal meningkatkan angka kasus positif covid-19.

Epidemiolog dari universitas indonesia, tri yunis miko wahyono, memperkirakan potensi kenaikan angka penularan covid-19 bisa dua kali lipat dari lonjakan jumlah kasus pada libur panjang sebelumnya. Perkiraan ini makin diperkuat dengan sudah masuknya tiga virus corona varian baru yang termasuk dalam variant of concern yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (who). "lonjakan kasus bisa dua kali lipat dari sebelumnya, karena semua varian baru virus corona dari berbagai negara sudah ada di indonesia. Dari india, inggris, afrika selatan, brasil.

Semuanya sudah menyebar di sini (indonesia)," kata tri saat dihubungi tempo , kemarin. Bahkan, kata tri, varian baru covid-19 itu bakal menyebar ke seluruh wilayah di indonesia. Selama periode mudik dan libur lebaran ini, terjadi mobilitas tinggi baik keluar maupun masuk ibu kota. "jadi, dengan mobilitas yang tinggi ini, risikonya penyebaran covid-19 semakin luas.

Apalagi mengabaikan protokol kesehatan," ucapnya. Tri menyarankan agar pemerintah segera mengantisipasi lonjakan angka kasus covid-19. Caranya, menurut dia, harus mulai meningkatkan pelacakan, pengetesan, dan pengetatan pengawasan orang masuk pada periode arus balik lebaran. "sebenarnya, kalau mau jujur melihat angka sebenarnya, penularan covid-19 sudah tidak keruan.

Tinggal tunggu waktunya saja," ujarnya. Sebagai informasi, pasien terkonfirmasi positif melalui metode pemeriksaan rt-pcr/tcm dan tes cepat antigen, pada ahad, 16 mei 2021, bertambah sebanyak 3.080 kasus. Dan jumlah kumulatifnya, atau pasien terkonfirmasi positif yang tercatat sejak kasus pertama hingga perkembangan terakhir, mencapai 1.739.750 kasus. Pasien meninggal juga bertambah sebanyak 126 kasus, dan kumulatifnya mencapai 48.093 kasus atau persentasenya di angka 2,8 persen dari pasien terkonfirmasi positif.

Ahli epidemiologi dari griffith university australia, dicky budiman, mengatakan penyebaran covid-19 di indonesia sudah pada level terburuk. Artinya, risiko penyebaran sangat mungkin terjadi. Ditambah lagi mobilitas masyarakat meningkat saat libur, dan terpusat pada daerah-daerah wisata. "jadi, kalau sudah ada aktivitas seperti itu, ya, kemungkinan besar ada penularan," ujarnya, kemarin.

Dia menyayangkan upaya penelusuran, pelacakan, dan pengetesan untuk suspect covid-19 di indonesia yang masih sangat rendah. Dicky menyarankan agar pemerintah daerah yang memiliki tanggung jawab di lokasi wisata bisa melakukan tindakan antisipasi mencegah kluster lokasi wisata pasca-lebaran. Untuk pengelola lokasi wisata, dicky menyebutkan tak ada jaminan pelaksanaan protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin. Maka, jalan satu-satunya adalah menutup tempat tersebut.

"sebab, penyebaran covid-19 bakal enggak terkendali," kata dia. Dicky mengingatkan, kasus terkonfirmasi positif setelah libur panjang pada lebaran tahun lalu mengalami lonjakan yang sangat signifikan. Berdasarkan catatan satgas penanganan covid-19, kasus hariannya sampai meningkat 68-93 persen. Kemudian, angka kematian mingguannya naik hingga 28-66 persen.

Ketua satgas covid-19 doni monardo meminta satgas daerah tak ragu menutup tempat wisata yang melanggar aturan dan berpotensi menjadi pusat penularan virus corona selama periode libur lebaran. Menurut doni, seluruh satgas daerah, terutama unsur kepolisian, harus berani mengambil keputusan melakukan langkah-langkah penertiban. “bahkan, bila perlu, apabila membahayakan keselamatan masyarakat, lebih baik ditutup saja," ujarnya dalam konferensi pers daring, sabtu, 15 mei 2021. Doni mengingatkan agar kawasan wisata pada libur lebaran ini tetap mematuhi aturan ppkm mikro.

Salah satunya, kata dia, jumlah pengunjung hanya diperbolehkan 50 persen dari kapasitas tempat wisata. "jadi, kami harapkan pengelola pariwisata pun bisa kerja sama karena, kalau kasus aktif meningkat, otomatis semuanya akan mundur lagi," kata dia. Ketua komite penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (kpc-pen), airlangga hartarto, mengingatkan bahwa aturan teknis pengelolaan tempat wisata merupakan tanggung jawab pemerintah daerah dan harus sesuai dengan aturan ppkm mikro. “tempat-tempat publik diwajibkan ikuti protokol kesehatan dan dibuka dengan 50 persen kapasitas,” ujarnya.

“pengaturannya diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing.” gubernur jawa barat ridwan kamil menginstruksikan penutupan akses menuju destinasi wisata di pangandaran di ciamis dan ciwidey, kabupaten bandung. Penutupan akses tersebut untuk menekan potensi kerumunan akibat kunjungan wisatawan selama libur lebaran ini untuk mencegah lonjakan jumlah kasus covid-19. Emil--sapaan akrab ridwan kamil--meminta masyarakat dan wisatawan mengurungkan niat untuk berwisata di dua destinasi wisata tersebut. “saya mengimbau kepada masyarakat, khususnya pemudik dan wisatawan, untuk putar balik karena pangandaran dan ciwidey akan ditutup,” kata dia, sabtu, 15 mei 2021.

Kebijakan menutup tempat wisata juga dilakukan pemerintah dki jakarta. Pemerintah menutup taman mini indonesia indah dan dua tempat wisata lainnya, yakni pantai ancol dan taman margasatwa ragunan. Penutupan dilakukan setelah pemerintah daerah mengevaluasi pengunjung pada jumat, 15 mei 2021. Penutupan dilakukan karena adanya lonjakan jumlah pengunjung dan abainya masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“tanggal 16 mei 2021 sampai 17 mei 2021, tempat usaha ditutup sementara untuk penguatan protokol kesehatan," ujar plt kepala dinas pariwisata dan ekonomi kreatif provinsi dki jakarta, gumilar ekalaya. Gumilar mengatakan ketiga tempat wisata itu baru boleh dibuka pada 18 mei 2021. Tembusan surat pemberitahuan itu pun juga disampaikan kepada gubernur dki jakarta anies baswedan. Eko wahyudi | imam hamdi | dewi nurita | adam prireza #ingatpesanibu #cucitangan #pakaimasker #jagajarak.


Baca Juga

0  Komentar