Bom di Gereja Makassar, Wagub Yakin Paskah di DKI Aman

CNN Indonesia - Peristiwa   Senin, 29 Maret 2021

img

Bom di gereja makassar, wagub yakin paskah di dki aman jakarta, cnn indonesia -- wakil gubernur dki jakarta ahmad riza patria meyakini perayaan jumat agung dan paskah di jakarta tahun ini berlangsung aman usai ledakan bom bunuh diri di gereja katedral makassar, sulawesi selatan, minggu (28/3) pagi. "sudah diatur oleh pihak keamanan atas kejadian di sulawesi. Kita yakin polisi akan meningkatkan upaya yang lebih baik lagi, optimal, dalam rangka pencegahan dan pengendalian keamanan," kata dia, di balai kota jakarta, senin (29/3). Dalam kesempatan itu, riza turut menyampaikan duka cita atas insiden tersebut dan mengutuk aksi terorisme yang menyebabkan setidaknya 20 orang luka-luka tersebut.

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } lebih lanjut, riza meminta warga turut berpartisipasi dalam mencegah aksi terorisme di jakarta. Ia menyerukan agar warga melaporkan perilaku warga yang mencurigakan. "tentu kami dan aparat keamanan senantiasa akan melakukan berbagai upaya. Namun demikian, sekali lagi, yang tidak kalah penting upaya dari masyarakat itu sendiri untuk membantu kita semua melakukan pencegahan," ujar riza.

"apabila ada informasi, perilaku yang mencurigakan agar segera dilaporkan kepada kami atau langsung kepada aparat keamanan, kepada kepolisian," kata dia melanjutkan. Sementara itu, terkait pelaksanaan perayaan jumat agung dan paskah di masa pandemi virus corona (covid-19), politikus partai gerindra itu berharap seluruh warga tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. "kita minta protokol kesehatan yang sesuai regulasi yang kita keluarkan. Sejauh ini kegiatan di rumah ibadah termasuk gereja sangat baik dari pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Terpisah, keuskupan agung semarang (kas) menyerukan gerakan "satu dalam doa" atas terjadinya teror bom bunuh diri di gereja katedral makassar. Seruan ini dituangkan resmi lewat surat keuskupan agung semarang nomor 323/a/vii/18/2021 tentang hal pernyataan bela keprihatinan yang ditandatangani langsung oleh uskup agung semarang monsinyur robertus rubyatmoko. "kami di semarang mengajak umat di semarang untun berdoa agar diberi kekuatan dan yang terluka segera disembuhkan sehingga tetap dapat menjalani perayaan pekan suci, tri hari suci yang akan datang dengan tenang dan aman," ungkap uskup agung semarang monsinyur robertus rubyatmoko di kantor keuskupan agung semarang, senin (29/3). Sementara itu, umat kristiani di kota kupang tetap mengikuti kebaktian dan misa minggu palma, minggu (28/3) sore, dan tidak terpengaruh atau takut dengan kejadian ledakan bom di gereja katedral makassar.

"tidak, kami tidak takut, apalagi terpengaruh," kata bram mosa (37), seorang peserta misa minggu sore di gereja katedral kristus raja kupang. Disampaikan bram, umat tetap memadati gereja katedral untuk mengikuti misa keempat minggu palma. Tidak ada rasa takut ataupun kuatir atas teror yang terjadi di makassar. "saya prihatin, karena harusnya kejadian [ledakan bom] semacam itu tidak perlu lagi terjadi di indonesia", tandas dia.

Gereja katedral kristus raja kupang melaksanakan tiga kali misa yakni pukul 16.30 wita, 18.00 wita dan 19.30 wita. Pantauan cnnindonesia.com minggu sore, sejumlah aparat brimob polda ntt, polres kupang kota dan polda ntt melakukan pengamanan di sejumlah gereja di kota kupang. Unit penjinak bom dan anggota detasemen gegana satuan brimob polda ntt juga disiagakan. Seluruh personil disiagakan dengan senjata lengkap.


Baca Juga

0  Komentar