Brasil Minta Wanita Tunda Kehamilan Sampai Pandemi Mereda

Tempo   Sabtu, 17 April 2021

img

Brasil minta wanita tunda kehamilan sampai pandemi mereda petugas medis merawat pasien di ruang gawat darurat rumah sakit nossa senhora da conceicao yang penuh sesak karena wabah covid-19, di porto alegre, brazil, 11 maret 2021. [reuters / diego vara] tempo.co , - kementerian kesehatan brasil meminta para wanita menunda kehamilan sampai pandemi virus corona mereda. Mereka berdalih p.1, varian virus dari negara itu, lebih cepat menular dan agresif pada ibu hamil. "jika memungkinkan, tunda kehamilan sedikit sampai saat yang lebih baik," kata pejabat kementerian kesehatan raphael parente dalam konferensi pers pada hari jumat, dikutip dari channel news asia, sabtu, 17 april 2021.

Rekomendasi tersebut datang karena brasil menjadi salah satu pusat pandemi global. Banyak orang yang meninggal karena sakit covid-19 setiap hari. Rumah sakit di sana pun di bawah tekanan karena stok obat yang dibutuhkan untuk mengintubasi pasien yang sakit parah semakin menipis. "pengalaman klinis para spesialis menunjukkan bahwa varian baru ini bekerja lebih agresif pada wanita hamil," kata parente sebelumnya, kata parente, kasus covid-19 selama kehamilan banyak ditemukan pada trimester akhir dan kelahiran.

Belakangan ini ada kasus yang lebih serius pada trimester kedua dan kadang-kadang pertama. Varian p.1 , pertama kali ditemukan di kota amazon manaus, dengan cepat menjadi dominan di brasil. Diperkirakan menjadi faktor utama di balik gelombang kedua infeksi besar-besaran yang telah membawa jumlah kematian negara itu menjadi lebih dari 350 ribu atau tertinggi kedua di dunia setelah amerika serikat. Sumber: channel news asia.


Baca Juga

0  Komentar