Fakta Pencairan BLT Subsidi Gaji, Cek Jadwalnya di Sini

News Okezone   Jumat, 14 Mei 2021

img

Fakta pencairan blt subsidi gaji, cek jadwalnya di sini jakarta – pencairan sisa bantuan subsidi upah (bsu) atau blt subsidi gaji 2020 masih belum ada kejelasan bagi para pekerja dengan upah di bawah rp5 juta. Tahun lalu, anggaran itu baru terealisasi sebesar 98,81%. Artinya, dana sisa yang dikembalikan ke kas negara sebesar rp352.992.000.000. Kementerian ketenagakerjaan (kemnaker) mengatakan akan segera mengajukan dana sisa bantuan subsidi upah (bsu) atau blt subsidi gaji 2020 ke kementerian keuangan.

Hal tersebut dikarenakan tahapan rekonsiliasi data penyaluran bantuan bersama dengan bank penyalur telah selesai. "realisasi penyaluran bsu hasil rekonsiliasi sebesar 98,89%. Alhamdulillah hasil rekonsiliasi ini dapat dicapai berkat dorongan, dukungan, dan bimbingan tim bpk ri selama proses pemeriksaan laporan keuangan kemnaker," kata direktur kelembagaan kerja sama hubungan industrial (kkhi) kemnaker, aswansyah. Masalah pendataan ini yang membuat pemerintah belum menargetkan waktu pencairan yang pasti.

Selengkapnya, berikut fakta-fakta terkait blt subsidi gaji 2020 yang dirangkum okezone, sabtu (15/5/2021). 1. Data pekerja terdampak covid-19 tidak terekam dengan baik pengamat ekonomi dari indef nailul huda mengatakan, salah satu kelemahan pemerintah memang dalam penyediaan data dasar masyarakat terdampak covid-19. Terbukti data masyarakat tidak terekam dengan baik.

Salah satu contohnya adalah perbedaan data kemenaker dengan bps yang perbedaan datanya cukup jauh soal data tenaga kerja yang terdampak covid-19. "dampaknya krusial karena penerima blt gaji ini sebenarnya diperuntukkan kepada masyarakat dengan gaji atau upah di bawah rp5 juta per bulan. Kalau tidak salah pendaftarannya pun dari kantor setelah itu diverifikasi oleh tim kemnaker," ujar huda saat dihubungi okezone di jakarta (10/5/2021). 2.

Dampaknya, data blt subsidi gaji tidak jelas kevalidannya lebih lanjut dia mempertanyakan siapa yang akan menjamin data-data pemerintah selama ini valid? lantas bagaimana nasib pekerja di sektor informal umkm. "maka tidak ayal lagi data blt gaji menjadi amburadul dan tidak jelas kevalidannya. Kalau valid, kenapa harus molor sampai setahun begini," tegas pengamat ekonomi indef nailul huda. 3.

Kemnaker menyatakan blt subsidi gaji akan cair mulai juni atau juli 2021 kementerian ketenagakerjaan (kemnaker) sempat menargetkan bahwa pencairan blt akan dilaksanakan pada juni 2021 mendatang. Hal ini sebagai bentuk pertanggungjawaban mereka dalam mengelola anggaran tersebut. "nanti setelah lebaran atau juni atau juli. Yang penting intinya kita udah berusaha untuk memperjuangkan mereka yang belum dapat, harus klir dulu datanya," kata direktur jenderal pembinaan hubungan industrial dan jaminan sosial tenaga kerja kemnaker aswansyah kepada okezone, minggu (20/4/2021).


Baca Juga

0  Komentar