Hari Kartini 2021| Sri Mulyani Ungkapkan 4 Kontribusi Besar Perempuan Terhadap Perekonomian

Moeslimchoice - Nasional   Rabu, 21 April 2021

img

Hari kartini 2021| sri mulyani ungkapkan 4 kontribusi besar perempuan terhadap perekonomian hari ini, rabu, 21 april 2021, diperingati sebagai hari kartini. Hari kartini dirayakan untuk mengenang jasa-jasa ra kartini sebagai pelopor kebangkitan wanita di indonesia. Menteri keuangan ri, sri mulyani indrawati turut memperingati hari kartini, yang merupakan tokoh pelopor emansipasi wanita turut mengenang perjuangan kartini. Dia pun menyebutkan bahwa perempuan berperan besar terhadap perekonomian global.

Menukil penelitian mckinsey, dia menyebutkan, pada 2025 perempuan bisa berkontribusi hingga usd 12 triliun untuk perekonomian dunia. "statistik mckinsey menunjukkan, jika sebuah perekonomian memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk berkontribusi," katanya dalam seminar nasional ekonomi dan keuangan syariah di jakarta, rabu (21/4). 1. Nilai tambah dengan peran perempuan di asia pasifik besar eks direktur pelaksana bank dunia itu menuturkan, kesamaan gender dan peran perempuan di bidang perekonomian, khususnya untuk kawasan asia pasifik akan memberikan nilai tambah hingga usd 4,5 triliun.

Menurut dia, hal ini menggambarkan sebuah negara dengan perekonomian yang kohesif akan memberikan manfaat dalam bentuk daya tahan. Perekonomian kohesif yakni memberikan kesempatan secara inklusif dan sama baik laki-laki maupun perempuan. "juga bahkan secara nilai tambah bagi perekonomian akan meningkat sebesar 26 persen. Ini sebuah angka yang luar biasa," tegas dia, seperti dikutip dari jpnn.

2. Indonesia perhatikan perempuan dalam langkah perlindungan sosial dan ekonomi perempuan kelahiran bandarlampung itu menyatakan, bahwa pemerintah indonesia tetap melihat dimensi gender pada desain pemulihan ekonomi dan berbagai bantuan perlindungan sosial. Sri mulyani menilai, pemerintah meningkatkan berbagai bantuan yang masuk dalam program perlindungan sosial seperti program keluarga harapan (pkh), bantuan sembako, hingga bantuan langsung tunai (blt). "itu semuanya diberikan terutama kepada kepala keluarga perempuan.

Mereka yang bertugas agar keluarganya tetap bisa berjalan dan anak-anaknya bisa sekolah," ujar dia. 3. Perempuan dominasi umkm selain itu, sri mulyani mengatakan, bahwa perempuan indonesia juga miliki peran luar biasa dalam perekonomian nasional. Hal itu terlihat dari jumlah perempuan pada sektor umkm sebesar 53,76 persen jumlah karyawan perempuan 97 persen.

"ini berkontribusi terhadap perekonomian kita sangat besar mencapai 61 persen," kata dia. 4. Perempuan, kecerdasan finansial, dan investasi tak hanya itu, menurut sri mulyani, perempuan juga memiliki kecerdasan dalam berinvestasi. Hal itu terlihat dalam penerbitan ori017 dari rp 18,34 triliun yang diterbitkan dan sebanyak 55,8 persen investornya ialah perempuan.


Baca Juga

0  Komentar