Heroik! Sempat Tumbang 1%, IHSG Sukses Pangkas Koreksi

Cnbcindonesia-market   Selasa, 13 April 2021

img

Heroik! sempat tumbang 1%, ihsg sukses pangkas koreksi jakarta, cnbc indonesia - indeks harga saham gabungan (ihsg) sukses memangkas koreksinya meski harus tetap ditutup di zona merah pada perdagangan selasa (13/4/2021), di tengah kekhawatiran bahwa inflasi amerika serikat (as) bakal meninggi. Ihsg ditutup dengan koreksi 0,36% ke level 5.927,43 setelah sempat terkoreksi di atas 1%. Nilai transaksi bursa tercatat sebesar rp 9,3 triliun. Data perdagangan mencatat sebanyak 175 saham menguat, 313 tertekan dan 153 lainnya flat.

Investor asing masih mencetak penjualan bersih (net sell) di pasar reguler, senilai rp 477 miliar. Aksi jual ini dilancarkan asing di saham pt bank central asia tbk (bbca) sebesar rp 259 miliar dan pt bank rakyat indonesia tbk (bbri) sebesar rp 88 miliar. Sedangkan pembelian dilakukan di saham pt tower bersama infrastructure tbk (tbig) dengan pembelian bersih rp 42 miliar dan pt waskita karya tbk yang diborong rp 17 miliar. Pasar nasional terimbas sentimen negatif dari bursa amerika serikat (as) atau wall street yang tengah memantau ketat rilis data inflasi hari ini, yang diperkirakan kembali ke level sebelum pandemi melanda, dan kian meninggi beberapa bulan ke depan.

Jika inflasi terus menanjak maka ekspektasi kenaikan suku bunga akan semakin menguat, dan memukul surat berharga negara (sbn), rupiah, dan pada akhirnya kinerja keuangan emiten di bursa saham. Meski the fed berulang kali menegaskan tidak akan menaikkan suku bunga hingga tahun 2023, tetapi pasar tidak percaya begitu saja. Jika suku bunga acuan naik, maka daya beli masyarakat akan menurun, begitu juga dengan beban pendanaan korporasi, yang pada akhirnya memukul ekonomi. Dari asia, china melaporkan kinerja ekspor yang di bawah ekspektasi dengan naik 30,6% secara tahunan (year on year/yoy) pada maret.


Baca Juga

0  Komentar