IFF Lanjutkan Komitmen Bangun Infrastruktur Ramah Lingkungan

CNN Indonesia - Bisnis   Sabtu, 3 Juli 2021

img

Iff lanjutkan komitmen bangun infrastruktur ramah lingkungan jakarta, cnn indonesia -- pt indonesia infrastructure finance (iif) menegaskan bahwa pandemi covid-19 yang melanda selama hampir dua tahun tak menghentikan komitmen untuk membangun infrastruktur yang ramah lingkungan. Presiden direktur iff reynaldi hermansjah mengatakan, pembangunan infrastruktur ramah lingkungan terus dilakukan. Di tengah masa pandemi, perusahaan masih memberikan pembiayaan pada lima proyek. "istilahnya, pipeline project yang ada pada kami itu tetap berjalan.

Dalam enam bulan ini, kami menandatangani ada lima proyek, apakah itu di telekomunikasi, di oil and gas, lalu ada dua di sektor energi," papar reynaldi dalam program leaders corner yang tayang di cnnindonesia tv. #div-gpt-ad-1589441958861-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } reynaldi menjelaskan, iff adalah lembaga keuangan non-bank yang khusus membiayai dan memberikan layanan konsultasi di bidang infrastruktur. Yang menjadi keunikan iff, mereka hanya akan memberikan pembiayaan terhadap proyek-proyek yang mengusung prinsip sustainability financing. Didirikan pada 2010 dan berada di bawah naungan otoritas jasa keuangan (ojk), lima besar sektor yang dibiayai iff masing-masing adalah energi, jalan tol, minyak dan gas, telekomunikasi, serta ketersediaan air.

Proyek pertama iff pada 2012 adalah pembangunan tol cikampek-palimanan. Selama 11 tahun, reynaldi mengingat ada 50 proyek yang dibiayai oleh iff. Dengan sumber pendanaan dari shareholder serta pasar modal, total aset iff saat ini mencapai sekitar rp14,5 triliun. Dalam memilih proyek yang akan didanai iff, ada beberapa hal utama yang menjadi perhatian reynaldi secara khusus, yakni bahwa proyek itu harus bergerak di bidang infrastruktur.

"kedua, kita lihat peran dari proyek itu untuk akselerasi pembangunan infrastruktur di indonesia. Sebagai lembaga keuangan, dari situ kita lihat juga financial visibility-nya," kata reynaldi. Hal selanjutnya, iff juga mempertimbangkan peran penyelenggara proyek di sisi sosial dan lingkungan. Reynaldi menegaskan, proyek harus memiliki prinsip yang sesuai dengan konsep berkelanjutan.

Iff sendiri memiliki kebijakan sosial dan lingkungan yang mencakup sistem manajemen sosial dan lingkungan; tenaga kerja dan kondisi kerja; pencegahan polusi, pengurangan, dan perubahan iklim; kesehatan masyarakat, keselamatan dan keamanan; pembebasan lahan dan pemukiman kembali secara tidak sukarela, konservasi keanekaragaman hayati dan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan; masyarakat adat; serta properti dan warisan budaya. "bahwa proyek-proyek yang dibangun ini apakah mengacu kepada prinsip-prinsip yang dianut iff, yaitu 8 social and enviromental policy safeguard, di mana prinsip-prinsip itu berdasarkan peraturan internasional," ujar reynaldi. Junjung komunikasi dan kekompakan bergabung dengan iff pada 2019, reynaldi hermansjah menilai komunikasi adalah kunci penting. Dia mengisahkan menghadapi sejumlah tantangan besar sejak awal, antara lain mengembalikan kepercayaan baik dari para shareholder, maupun rekan-rekannya di iff.

"dua tahun sebelum saya bergabung, iff sayangnya mengalami kerugian cukup besar, itu dua tahun berturut-turut. Salah satu mandat saya adalah mengembalikan iff ke kondisi yang lebih baik," ungkap reynaldi. Melalui penerapan strategi secara jelas dan detail, didukung komunikasi yang menghasilkan kekompakan dewan direksi, reynaldi terbukti berhasil menuntaskan tugas. Dia menyebut, 80 persen keberhasilan suatu perusahaan dikarenakan kekompakan dari dewan direksi.

"jadi tugas pertama saya adalah untuk menyamakan persepsi kita di antara bod (dewan direksi). Apa kelemahan kita, apa tantangan kita, dan bagaimana kita bisa mencapai target," katanya. Menurut reynaldi, dewan direksi yang menjunjung kebersamaan dan kekompakan akan memberi dampak baik bagi karyawan. Kekompakan itu juga yang mendukung iff melewati pandemi pada 2020 dengan pertumbuhan aset yang cukup baik sebesar 30 persen.

"komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk organisasi agar bisa kompak dan maju ke depan," kata reynaldi. Reynaldi sendiri mengaku melihat iff sebagai sebuah boutique house. Dia menilai iff tak perlu menjadi lembaga keuangan non-bank dengan aset terbesar, karena iff memiliki keunggulan tersendiri, yaitu kepedulian terhadap isu sosial dan lingkungan. Bersiap menjalankan sejumlah langkah strategis di masa mendatang, hingga saat ini iff masih menerapkan sistem kerja dari rumah akibat pandemi.

Di waktu senggang, reynaldi gemar berolahraga tenis, mengembangkan ketertarikan terhadap seni lewat fotografi, serta membaca buku biografi. Reynaldi selalu berupaya mengambil sisi positif dari segala hal, termasuk sistem kerja dari rumah yang memberinya lebih banyak waktu untuk berolahraga dan bersama keluarga. Sambil tersenyum, dia menyebut istri dan anak adalah atasannya karena keluarga memberi kenyamanan dan dukungan sepenuhnya. Lebih lanjut, reynaldi mengungkap sejumlah trik yang turut menjadikannya sebagai seorang pemimpin handal.


Baca Juga

0  Komentar