Ilmuwan Pentagon Kembangkan Microchip yang Bisa Deteksi Covid-19, Ditanam di Bawah Kulit

Tribunnews   Rabu, 14 April 2021

img

Ilmuwan pentagon kembangkan microchip yang bisa deteksi covid-19, ditanam di bawah kulit tribunnews.com - peneliti pentagon mengembangkan microchip yang dapat dimasukkan di bawah kulit untuk mendeteksi covid-19 bahkan sebelum seseorang mulai menunjukkan gejala. "ini adalah sensor," ujar dr. Matt hepburn, seorang dokter penyakit menular dan pensiunan kolonel angkatan darat. "benda kecil berwarna hijau itu, anda taruh di bawah kulit anda." "benda itu akan memberitahu anda bahwa ada reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh, dan sinyal itu berarti anda akan mengalami gejala besok." dilansir , teknologi ini dikembangkan oleh defense advanced research projects agency (darpa), sebuah unit rahasia yang diluncurkan selama era perang dingin.

Microchip yang dikembangkan pentagon (cbs 60 minutes) unit itu mempelajari teknologi yang muncul dan bagaimana mereka dapat diterapkan untuk digunakan di militer. Hepburn mengatakan, microchip hanya digunakan di dalam departemen pertahanan dan dapat mendeteksi infeksi covid-19 sebelum seseorang berpotensi menyebarkan penyakit ke anggota layanan lainnya. "kami menantang komunitas riset untuk menemukan solusi yang mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah," kata hepburn. Hepburn menyamakan microchip dengan lampu "mesin periksa" di mobil, memperingatkan pengguna tentang infeksi covid-19 dan mengarahkannya untuk melakukan tes untuk memastikan hasilnya.

"kami dapat memperoleh informasi itu dalam tiga sampai lima menit," kata hepburn. "saat anda memotong waktu itu, saat anda mendiagnosis dan mengobati, apa yang anda lakukan adalah menghentikan infeksi pada jalurnya." matt hepburn menjelaskan bagaimana chip itu akan digunakan untuk mencegah wabah covid-19 lebih lanjut (cbs 60 minutes) ilmuwan darpa percaya, teknologi akan sangat penting untuk menghentikan wabah di antara anggota, yang sering dipaksa berada di tempat yang sempit bersama untuk jangka waktu yang lama. "bagi kami, di darpa, jika para ahli menertawakan anda dan mengatakan itu tidak mungkin, anda melakukan yang tepat," kata hepburn. Thailand berhasil latih anjing labrador yang bisa deteksi virus corona dalam beberapa detik saja tak hanya pentagon, sejumlah ilmuwan di seluruh dunia pun mengembangkan cara untuk mendeteksi covid-19.

Di thailand misalnya, para ilmuwan berhasil melatih anjing labrador untuk bisa mendeteksi virus corona dalam beberapa detik. Dilansir pada maret 2021 lalu, profesor kaywalee chatdarong, dari chulalongkorn university di thailand, menyatakan bahwa individu dengan virus corona memiliki bau yang berbeda melalui keringat yang ketika meresap terdeteksi oleh anjing. Para peneliti percaya bahwa anjing akan dapat mendeteksi virus, yang telah membunuh jutaan orang di seluruh dunia, lebih efisien daripada pemeriksaan suhu yang diberlakukan saat ini. Meskipun hewan tidak perlu mengendus orang yang membawa virus, mereka dapat mendeteksinya melalui sampel keringat.

Ilustrasi foto anjing labrador profesor kaywalee chatdarong berkata: "anjing-anjing itu berbeda dari metode pemeriksaan suhu biasa karena mereka dapat mendeteksi orang-orang yang mungkin terkena virus tetapi tidak menunjukkan gejala, tanpa demam." dia menambahkan, "anjing-anjing itu akan dapat mendeteksi orang-orang tersebut, dengan tingkat akurasi dalam mendeteksi pasien adalah 94,8 persen. "langkah selanjutnya adalah kami akan menempatkan anjing-anjing itu di lapangan," kata kaywalee. "ke depannya, ketika kami mengirim mereka ke bandara atau pelabuhan, di mana ada banyak penumpang, mereka akan lebih cepat dan lebih tepat dalam mendeteksi virus daripada pemeriksaan suhu." chatdarong melanjutkan, hanya dalam satu menit, mereka bisa melewati hingga 60 sampel. Diyakini bahwa mereka juga dapat mendeteksi virus melalui senyawa organik yang mudah menguap yang disekresikan dalam keringat seseorang yang tidak menunjukkan gejala.

Namun, thailand bukan satu-satunya negara yang memperkenalkan anjing pelacak untuk mendeteksi virus, dengan finlandia, inda, dan chilie juga bereksperimen dengan anjing pelacak. Anjing pelacak telah dipekerjakan di bandara di seluruh dunia termasuk helsinki dan dubai, tempat banyak orang inggris berkumpul selama lockdowm nasional ketiga. Bulan lalu, dokter hewan di jerman mengklaim telah berhasil melatih anjing pelacak untuk mendeteksi virus corona. Virus dideteksi dari sampel air liur manusia.

Tingkat akurasi deteksi anjing tersebut mencapai 94 persen, melaporkan. Anjing-anjing itu dikondisikan untuk mengendus "bau corona" yang berasal dari sel pada orang yang terinfeksi, kata esther schalke, seorang dokter hewan di sekolah angkatan bersenjata jerman untuk anjing pelayan. Holger volk, kepala klinik hewan mengatakan, "kami melakukan penelitian di mana anjing kami mengendus sample dari pasien positif covid." "kami dapat mengatakan bahwa mereka memiliki probabilitas 94 persen dalam penelitian kami ... Bahwa mereka dapat mengendusnya." "jadi anjing benar-benar dapat mengendus orang dengan infeksi dan tanpa infeksi, serta pasien covid tanpa gejala dan gejala." 03 februari 2021, lower saxony, hanover: anjing gembala belgia filou duduk di universitas kedokteran hewan (tiho).

Anjing tersebut mampu mengenali sampel air liur dari orang yang terinfeksi sars-cov-2 dan dapat digunakan pada berbagai acara di masa depan (ole spata / dpa / dpa picture-alliance via afp) filou, gembala belgia berusia 3 tahun, dan joe cocker, cocker spaniel berusia 1 tahun, adalah dua anjing yang sedang dilatih di universitas kedokteran hewan hanover itu. Stephan weil, perdana menteri lower saxony, negara bagian di mana hanover adalah ibukotanya, mengatakan dia terkesan dengan penelitian tersebut. Ia juga menyerukan uji kelayakan sebelum anjing pelacak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada orang-orang yang menghadiri konser. Ia menambahkan, "kami sekarang membutuhkan tes di acara-acara tertentu." di finlandia, anjing yang dilatih untuk mendeteksi virus corona baru mulai mengendus sampel penumpang di bandara helsinki-vantaa finlandia september lalu.

03 februari 2021, lower saxony, hanover: cocker spaniel joe mengendus mesin pelatihan untuk anjing pendeteksi corona di university of veterinary medicine (tiho). Anjing tersebut mampu mendeteksi sampel air liur dari orang yang terinfeksi sars-cov-2 dan dapat digunakan pada acara-acara di masa depan. (ole spata / dpa / dpa picture-alliance via afp) metode itu merupakan bagian dari sebuah proyek percontohan bersama pengujian umum di bandara. Bandara internasional santiago, chili juga menggunakan detektor anjing.


Baca Juga

0  Komentar