Jangan Lengah! Virus Corona India B.1617.2 Masuk Jakarta

Cnbcindonesia-fintech   Sabtu, 22 Mei 2021

img

Jangan lengah! virus corona india b.1617.2 masuk jakarta jakarta, cnn indonesia - pemerintah provinsidki jakarta menyampaikan telah menemukan dua kasus penularan covid-19 varian b.1617.2 asal india. Warga jakarta harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kasus ini ditemukan dalam proseswhole genome sequencing(wgs) yang dilakukan badan penelitian dan pengembangan kesehatan kementerian kesehatan (balitbangkes). Kepala dinas kesehatan provinsi dki jakarta widyastuti mengatakan pihaknya mengirim 352 spesimen terduga mutasi covid-19.

Namun, baru 17 spesimen yang sudah selesai diteliti. "hasil yang sudah keluar dari litbangkes ditemukan dua kasus dengan variant of concern (voc) b.1617.2 india. Sementara 15 spesimen tidak ditemukan mutasi virus, dan yang lainnya masih menunggu hasil," kata widyastuti, sabtu (22/5/2021). Widyastuti menyampaikan satu spesimen adalah milik seorang tenaga kesehatan (nakes).

Nakes itu positif covid-19 pada 3-17 april. Kemenkes menyatakan pasien itu tertular corona varian india pada 30 april. Spesimen kedua milik warga negara india yang baru tiba di indonesia. Wn india itu dinyatakan tertular corona varian india pada 30 april.

Ia dirawat di rumah sakit usai hasil tes pcr menunjukkan positif covid-19. "saat ini, pasien wna masih diisolasi di salah satu rs di jakarta dan menunggu hasil negatif pcr untuk melanjutkan perjalanan ke wilayah yang dituju," ucap widyastuti, seperti dikutip dari cnn indonesia. Dia berkata pemprov dki mengintensifkan tes dan penelusuran kontak guna menekan potensi penularan covid-19 varian baru. Dki juga terus mendeteksi varian baru corona lewat whole genome sequencing.


Baca Juga

0  Komentar