Jaringan Internet Hadir, Wilayah 3T Sudah Bisa Diakses, Kualitas Pendidikan Meningkat

Pikiran Rakyat   Minggu, 4 Juli 2021

img

Jaringan internet hadir, wilayah 3t sudah bisa diakses, kualitas pendidikan meningkat pikiran rakyat - dampak positif dapat diaksesnya jaringan internet 4g di daerah yang selama ini terpinggirkan mulai dirasakan oleh masyarakat. Daerah 3t ( terdepan , terluar, tertinggal) yang dianggap tidak menarik secara komersil oleh para operator selular kini mulai bersinar setelah upaya pemerintah hadir di daerah tersebut. Direktur layanan masyarakat dan pemerintah badan aksesibilitas komunikasi dan informatika (bakti) kementerian komunimasi dan informatika (kominfo) danny j. Ismawan menyatakan bahwa tugas utama bakti adalah membangun dan menyediakan infrastruktur telekomunikasi di wilayah nonkomersil dan mendorong hadirnya ekosistem digital.

Ada 6 program yang harus dilaksanakan oleh bakti, yakni pembangunan bts, penyediaan satelit multifungsi, membangun ekosistem digital, penyiaran, palapa ring, dan penyediaan akses internet. Menurut danny, kondisi pandemi covid-19 saat ini secara tidak langsung memberi hikmah tersendiri di sektor telekomunikasi. “yang pertama, momentum pandemi menjadi bukti keseriusan pemerintah atas tuntutan masyarakat terhadap pemerataan jaringan telekomunikasi dengan beberapa langkah percepatan transformasi digital. Dan, yang kedua, kita mengalami tantangan terberat di adopsi teknologi.

Kita secara tidak langsung dipaksa untuk memahami dan dapat menggunakan teknologi agar tidak semakin tertinggal, khususnya masyarakat di daerah terpencil ,” jelasnya. Kehadiran internet di daerah 3t bagai pedang bermata dua bagi masyarakat, bisa berdampak positif maupun negatif. Bakti memiliki tanggung jawab moril untuk memberi edukasi ke masyarakat agar bijak dalam memanfaatkan teknologi. Editor: mahbub ridhoo maulaa.


Baca Juga

0  Komentar