Jokowi Kritik Negara Kaya Kuasai 83 Persen Stok Vaksin Corona

Headtopics   Jumat, 21 Mei 2021

img

Jokowi kritik negara kaya kuasai 83 persen stok vaksin corona jokowi kritik negara kaya kuasai 83 persen stok vaksin corona presiden jokowi kembali mengangkat isu soal kesetaraan akses vaksin covid-19 antar-negara di forum global health summit. .jokowi menyebut negara-negara berpenghasilan rendah hanya mendapat 0,3 persen pasokan vaksin covid-19. Pada saat yang sama, negara-negara kaya justru telah memulai vaksinasi untuk anak dan remaja.lihat juga:rangkuman covid: vaksin ilegal di sumut, ribuan pendatang dki "kesenjangan itu sangat nyata ketika 83 persen dosis vaksin global sudah diterima negara kaya, sementara negara berkembang hanya terima 17 persen untuk 47 persen populasi dunia," kata jokowi saat berpidato di hadapan negara-negara g20 pada global health summit, disiarkan kanal youtube sekretariat presiden pada jumat (21/5). Jokowi pun mengingatkan, pandemi covid-19 tak akan berakhir hingga semua negara benar-benar aman.

Menurut dia, akses terhadap vaksin corona menjadi salah satu kunci mengakhiri pandemi.karena itu mantan wali kota solo itu mendorong pelipatgandaan bantuan vaksin bagi negara-negara miskin. Menurutnya, pendanaan dan stok vaksin saat ini jadi rintangan negara-negara berpenghasilan rendah. Headtopics.com "dalam jangka pendek, kita harus mendorong ini lebih kuat lagidoses sharingmelalui skema covax facility. Ini merupakan bentuk solidaritas yang harus didorong dan dilipatgandakan, khususnya dalam mengatasi masalah rintangan supply," tuturnya.

Lihat juga:gempa m 6,2 guncang blitar, tak potensi tsunamiadapun covax facility merupakan program bersama yang digagas organisasi kesehatan dunia (who) bersama sejumlah negara pendukung guna mempercepat penelitian, produksi hingga, akses yang setara atas vaksin covid-19. Jokowi dalam kesempatan itu pun lantas mengajak negara-negara g20 untuk memikirkan solusi jangka panjang. Dia berpendapat, seluruh negara perlu bekerja sama untuk meningkatkan produksi vaksin covid-19."sebagai produsen vaksin terbesar di asia tenggara, indonesia siap untuk menjadi hubbagi peningkatan produksi vaksin di kawasan," ujarnya.sebelumnya, jokowi berkali-kali mengangkat isu kesetaraan vaksin covid-19 pada forum-forum internasional. Dia mengatakan, indonesia siap membantu negara-negara berpenghasilan rendah untuk mendapatkan akses vaksin.


Baca Juga

0  Komentar