‘Kalimantan’ Trending, Netizen Beramai-ramai Kritik Desain Bangunan Istana Negara: Mirip Patung Yesus

Makassar Terkini   Selasa, 30 Maret 2021

img

‘kalimantan’ trending, netizen beramai-ramai kritik desain bangunan istana negara: mirip patung yesus terkini.id, jakarta – desain bangunan istana negara di calon ibu kota, yakni kalimantan timur, viral di internet dan menjadi pembicaraan publik. Maka tak heran jikalau pada hari selasa ini, 30 maret 2021, tagar “kalimantan” menjadi salah satu trending topic di media sosial twitter. Namun, ikatan arsitek menyebut bahwa desain tersebut tidaklah ramah lingkungan dan dianggap gagal menggambarkan peradaban indonesia. Seperti yang kita tahu, rencana pembangunan ibu kota baru masih terus berjalan di tengah pandemi ini.

Berdasarkan pemenang sayembara desain visual ibu kota baru yang berjudul “nagara rimba nusa”, kita sebelumnya sempat diperlihatkan update-an visualisasi gedung istana negara yang dibuat bernuansa rumah adat. Namun, beberapa hari terakhir, rupanya muncul kembali update desain istana negara terbaru yang diketahui berbentuk burung garuda. Direktur jenderal cipta karya kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (pupr), yakni diana kusumastuti, telah mengonfirmasi desain garuda yang beredar memang resmi dari pemerintah, tetapi statusnya belumlah final. “tahapan selanjutnya, basic design, lalu ada perencanaan lagi.

Jadi, masih panjang prosesnya. Jadi, kami masih mengatur itu. Karyanya sudah mendekati, finalnya itu masih proses, nanti sampai agustus (2022),” jelas diana, dikutip terkini.id dari vice melansir tempo. Sebagai informasi, konsep gedung berbentuk hewan mitos sekaligus lambang negara indonesia tersebut dibuat oleh nyoman nuarta, seorang pematung yang terkenal lewat proyek triliunan garuda wisnu kencana di bali.

Nyoman disebut diana mengikuti sayembara tertutup yang dihelat pemerintah dan berhasil mengalahkan ide beberapa nama arsitek tenar lain, seperti yori antar, gregorius supie yolodi, dan sibarani sofian. Sayangnya, belum ada penjelasan dari otoritas mengapa bentuk istana negara dalam desain lengkap pemenang sayembara ibu kota baru kini berubah. Pun perihal mengapa seorang pematung yang justru terpilih untuk menjadi arsitek istana negara. Diana sendiri hanya menjelaskan bahwa nyoman nuarta terpilih karena ia seorang pematung yang memiliki “jiwa arsitek”.

Nah, menanggapi hal tersebut, dari kalangan netizen, rupanya cukup banyak pula yang ikut menyentil desain terbaru istana negara tersebut. Bahkan ada seorang netizen dengan nama akun jhon lenong yang entah bagaimana justru menyebutnya mirip dengan patung yesus. “mirip patung yesus,” tulisnya, seperti dikutip terkini.id pada selasa, 30 maret 2021. “aneh banget, mending istana negara yang dijakarta n bogor,” timpal akun dengan username @sg_bluee.


Baca Juga

0  Komentar