Kasus Corona Turun, Turki Akhiri Lockdown Akhir Pekan

CNN Indonesia - Eropa Amerika   Selasa, 1 Juni 2021

img

Kasus corona turun, turki akhiri lockdown akhir pekan jakarta, cnn indonesia -- turki akan mengizinkan kafe dan restoran membuka layanan makan di dalam ruangan setelah tercatat penurunan kasus covid-19. Penguncian wilayah (lockdown) akhir pekan juga akan berakhir pada hari ini, selasa (1/6). "mulai 1 juni, kafe dan restoran bisa menawarkan layanan makan di tempat antara pukul 07.00 sampai 21.00 waktu setempat. Sementara layanan pesan antar bisa beroperasi hingga tengah malam," kata presiden turki recep tayyip erdogan, seperti yang dilansir dari afp.

Kasus covid-19 turki sempat tercatat mencapai 60 ribu kasus per hari pada april lalu. Saat itu erdogan menerapkan lockdown pada akhir pekan untuk mencegah penularan virus. #div-gpt-ad-1589442221437-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } langkah tersebut tak berhasil karena kasus terus melonjak. Baru pada akhir april, erdogan memilih menerapkan lockdown total.

Pembatasan ketat yang dilakukan sejak 29 april-17 mei itu menurunkan angka kasus covid-19 turki menjadi di bawah 10 ribu kasus per hari. Sejak penurunan kasus covid-19 pada pertengahan mei tersebut, turki kembali menerapkan kebijakan lockdown akhir pekan. Pembatasan itu berakhir pada hari ini, 1 juni. "tetapi warga masih harus tetap di rumah pada hari minggu," ucap erdogan.

Selain itu, turki juga mengubah jam malam yang awalnya pukul 21.00-05.00, menjadi pukul 22.00-05.00. Pusat kebugaran bisa dibuka kembali, kegiatan pernikahan juga diizinkan berlangsung di dalam maupun di luar ruangan. "perguruan tinggi dapat mulai tahun ajaran baru pada 13 september," tambahnya. Sementara murid sekolah dasar akan kembali belajar di ruang kelas selama dua hari seminggu.


Baca Juga

0  Komentar