Keok di Asia, Rupiah Berjaya di Tanah Eropa dan Amerika!

Cnbcindonesia-market   Minggu, 30 Mei 2021

img

Keok di asia, rupiah berjaya di tanah eropa dan amerika! jakarta, cnbc indonesia - rupiah bervariasi melawan mata uang dunia di pekan ini. Mata uang garuda melemah melawan sebagian mata uang asia, tetapi sukses "menancapkan cakarnya" di tanah eropa dan amerika. Selain itu, kabar baik lainnya, pelaku pasar kini sudah mulai lagi memburu rupiah. Melansir data refintiv, rupiah sepanjang pekan ini menguat 0,49% melawan dolar amerika serikat (as) ke rp 14.280/us$.

Melawan dolar kanada, rupiah menguat sedikit lebih besar, 0,51%. Dari benua eropa, rupiah sukses menguat melawan euro hingga krona. Franc swiss menjadi mata uang terburuk kala berhadapan dengan rupiah, dengan pelemahan 0,72%. Sementara itu dari asia, rupiah tercatat melemah yuan china, won korea selatan, rupee india, dolar singapura dan taiwan.

Berikut pergerakan mata uang dunia melawan rupiah. Kabar baik datang dari menteri keuangan sri mulyani yang cukup optimis dengan prospek pertumbuhan ekonomi ri. Bahkan sebelumnya mengatakan pada q2 2021, ekonomi indonesia akan tumbuh hingga 8%. Dia mengatakan, sinyal pemulihan ekonomi ditunjukkan dengan kembalinya tingkat kepercayaan masyarakat ke level optimis pada angka 101,5.

Angka ini jauh melampaui periode awal pandemi sejalan dengan tren mobilitas masyarakat yang mengalami peningkatan secara konsisten sejak bulan april. Sementara itu bank indonesia (bi) meyakini pertumbuhan ekonomi indonesia pada kuartal ii-2021 bisa tumbuh melesat hingga kisaran 7%. Deputi gubernur bank indonesia, dody budi waluyo menjelaskan, salah satu pemicu yang membuat perekonomian indonesia pada kuartal ii-2021 tumbuh tinggi, adalah beberapa sektor ekonomi yang sudah mulai pulih. Tiga sektor utama yang mulai pulih dan mengalami peningkatan, kata dody diantaranya adalah sektor industri pengolahan, perdagangan, dan konstruksi.

"kami percaya ekonomi di kuartal ii-2021 tumbuh 7% karena didukung tiga sektor, manufaktur, perdagangan, dan konstruksi," ujarnya dalam indonesia investment forum 2021 secara virtual, kamis (27/5/2021). Sementara it, aliran modal juga kembali ke dalam negeri. Dari pasar saham, data menunjukkan sepanjang pekan ini investor asing melakukan aksi beli bersih ( net buy ) sebesar rp 2,11 triliun di all market. Dari pasar obligasi, sepanjang pekan ini hingga kamis (27/5/2021), terjadi capital inflow sebesar rp 1,64 trillun, berdasarkan data dari direktorat jenderal pengelolaan pembiayaan dan risiko (djppr) kementerian keuangan.


Baca Juga

0  Komentar