Kini Giliran Karyawan Hotel

Koran Tempo   Senin, 5 April 2021

img

Kini giliran karyawan hotel jakarta – pekerja sektor pariwisata di jakarta mulai kebagian vaksinasi covid-19. Pemerintah memberikan suntikan dosis pertama sejak 2 april hingga 6 april bagi pegawai hotel. Ketua perhimpunan hotel dan restoran indonesia (phri) dki jakarta, sutrisno iwantono, mengatakan sebanyak 1.342 karyawan hotel akan ikut imunisasi pada periode tersebut. Penerima suntikan dosis pertama itu merupakan pekerja yang hotelnya menjadi tempat menginap tenaga kesehatan.

“selain itu, vaksin diberikan kepada pegawai yang hotelnya digunakan sebagai tempat merawat pasien tanpa gejala (otg),” kata dia kepada tempo , kemarin. Dinas kesehatan dki jakarta masih terus menggelar vaksinasi covid-19. Imunisasi tahap 1 menyasar para tenaga kesehatan. Sedangkan vaksinasi tahap 2 menyasar warga lanjut usia dan pekerja sektor pelayanan publik, seperti tenaga pendidik, pegawai pemerintah, anggota tni/polri, petugas transportasi, dan pedagang.

Penerima vaksin tahap 1 dan 2 ditargetkan 3.000.689 orang. Dari jumlah tersebut, petugas pelayanan publik yang bakal mendapat bagian terbesar, yaitu 1.976.757 orang. Namun, hingga kemarin, baru 742.355 petugas atau 37,6 persen yang disuntik dosis pertama, dan 308.776 (15,6 persen) orang yang telah mendapat dua kali injeksi. Pembagian tersebut membuat asosiasi hotel dan restoran memprioritaskan vaksinasi bagi pekerja yang hotelnya menjadi tempat karantina komunal dan tempat istirahat tenaga kesehatan.

“kami menunggu alokasi (vaksin) lebih lanjut dari dinas kesehatan maupun pengusulan dari dinas pariwisata,” katanya. Sentra vaksinasi bersama covid-19 di istora senayan, jakarta, 15 maret 2021. Tempo/muhammad hidayat kepala seksi tenaga kerja usaha pariwisata dinas pariwisata dan ekonomi kreatif, aras pamungkas, mengatakan jumlah pekerja pariwisata yang telah terdata sebagai calon penerima vaksin mencapai 45 ribuan. Mereka antara lain pegawai hotel, restoran, katering, biro perjalanan, bioskop, event organizer, wedding organizer , dan tempat rekreasi.

Dinas, aras melanjutkan, memprioritaskan suntikan vaksin bagi pegawai hotel yang menjadi tempat karantina komunal pasien tanpa gejala dan tempat istirahat tenaga kesehatan. Sebab, mereka sangat rentan tertular covid-19. Menurut dia, kuota karyawan hotel yang disuntik mulai jumat pekan lalu hingga hari ini, 2 april sampai 6 april, mencapai 1.342 orang. “vaksinasinya akan dilakukan bertahap,” ujarnya.

Salah satu kelompok hotel yang pegawainya mendapat vaksinasi adalah pt jakarta tourisindo atau jakarta experience board. Enam hotel milik perusahaan daerah itu menjadi tempat menginap 2.132 tenaga kesehatan sejak awal pandemi, yaitu maret 2020. Mereka menginap di grand cempaka business hotel, d’arcici sunter, d’arcici plumpang, d’arcici al hijra, c’one pulomas, dan c’one cempaka putih. Direktur utama jakarta experience board, novita dewi, mengapresiasi keputusan pemerintah memberikan imunisasi bagi pegawai hotel.

“vaksin yang diberikan kepada karyawan kami menjadi motivasi untuk melakukan pelayanan terbaik bagi para tenaga kesehatan yang hingga saat ini masih menginap di hotel kami,” ujarnya. Berdasarkan data jakarta experience board, hingga kemarin, sebanyak 328 karyawan hotel telah diinjeksi dosis pertama vaksin covid-19. Rinciannya, antara lain, pegawai grand cempaka hotel sebanyak 105 orang, d’arcici al hijra 55, d’arcici sunter 25, d’arcici plumpang 41, c’one pulomas 50, dan c’one cempaka putih 42 orang. Restoran bebek kaleyo, rawamangun, jakarta, 2 maret 2021.

Tempo/tony hartawan ketua asosiasi pengusaha hiburan jakarta (asphija), hana suryani, meminta pekerja sektor hiburan—termasuk yang bekerja di tempat karaoke, diskotek, dan griya pijat—juga mendapat vaksin corona. Asphija telah memberikan data para karyawan tempat hiburan yang bisa mendapat injeksi kepada dinas pariwisata dan ekonomi kreatif. Jumlah pekerja hiburan yang perlu mendapat vaksin, hana melanjutkan, mencapai 3.594 orang. Namun tidak semua bisa terakomodasi karena data itu terlambat disampaikan kepada dinas.


Baca Juga

0  Komentar